JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggembleng pengurus cabang olahraga (Cabor) di Provinsi Papua dalam rangka mempersiapkan cabor maupun venue menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Wakil Ketua KONI Pusat, Suwarno mengungkapkan bahwa pihaknya merencanakan sebanyak 38 cabor hadir dalam rapat koordinasi teknis yang digelar.

Namun sayangnya hanya diikuti 12 cabor yang berkemsepatan hadir, sehingga pihaknya mengharapkan 12 cabor tersebut menjadi pionir bagi cabor-cabor lainnya.

“Yang ikut 12 pengurus cabor ini kita harapkan dapat melakukan secara bertahap sehingga semua cabor bisa mengikuti rapat yang kita gelar, sehingga kita bisa mempersiapkan ini sebaik mungkin,” ungkapnya di Hotel Horizon Jayapura.

Ia menjelaskan, pihaknya juga mengagendakan pertemuan dengan Pengurus Besar (PB) PON dan Pengurus Provinsi (Pengprov) cabor.

”Kita menyusun kebutuhan personil dan juga melihat venue yang disiapkan sudah sejauh mana, karena ini yang mendasari penyusunan anggaran, sehingga kehadiran orang-orang dari PB penting, dimana kita harus diskusi bersama antara KONI dan lainnya,” tuturnya.

Pada kesempaten tersebut, Suwarno mengharapkan kepada seluruh masyarakat Papua agar mendukung penuh penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Papua, mengingat KONI Pusat 100 persen mendukung pelaksanaan event olahraga 5 tahunan tersebut.

“Mari kita dukung PON di Papua, kita selalu diminta oleh KONI daerah lain untuk mencari alternatif, tetapi kami pikir ini kesempatan bagi Papua, jadi mau tidak mau PON harus di Papua, sebagai bukti bahwa Papua juga bisa menggelar PON,” pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY