JAYAPURA – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST, MT menjanjikan masterplan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 sudah bisa rampung bulan ini.

Pernyataan itu merespons permintaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda) Provinsi Papua yang sebelumnya menginginkan panitia penyelenggara segera menyempurnakan masterplan dan rencana induk, dan memberi batas waktu sampai akhir tahun 2017 lalu.

Kadisorda mengatakan, masterplan sebagai acuan penting untuk pelaksanaan kerja persiapan dan selama event PON 2020 bergulir. Di dalam masterplan itulah tercantum seluruh aktivitas detail tuan rumah.

“Masterplan yang sudah disempurnakan itu kita optimis kelar bulan ini, karena akan menjadi dasar yang membagi tugas secara proposional terhadap SKPD yang terlibat dalam proses persiapan dan penyelenggaraan PON nanti,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin (8/01/2018).

Yusuf mengaku, timnya sudah selesai membahas pedoman umum penyelenggaraan  PON 2020 di Papua. Dimana, pedoman umum ini intinya adalah untuk menata bidang pertandingan, sehingga target sukses pencapaian pertandingan itu bisa dilihat nantinya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Papua, Muh. Musa’ad menyatakan, pihaknya masih menunggu Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) untuk menyelesaian masterplan penyelenggaraan PON.

“Kami harapkan Disorda segera menyelesaikan masterplan penyelenggaraan, sehingga bisa kita ketahui berapa besar anggaran untuk SKPD yang terlibat dalam pelaksanaan PON nanti,” ujarnya.

Sebab, tanpa masterplan tentu SKPD tidak bisa bekerja. Seperti Dinas Perhubungan, berapa kebutuhan bis per klaster maupun kebutuhan konsumsi dan lainnya.

“Jadi, tahun 2019 baru kita fokuskan anggaran untuk SKPD yang terlibat dalam penyelenggaraan PON. Karena tahun 2018 lebih fokus untuk pembangunan venue termasuk venue yang akan di rehap,” tandasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY