JAYAPURA – Menjelang Pilkada serentak, anggota DPR Papua, Emus Gwijangge mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua dalam hal ini 29 kabupaten/kota agar masyarakat tetap tenang dan dapat menjaga jalannya Pilkada dengan damai di Papua.

“Biarlah masyarakat melihat siapa pemimpin mereka untuk dapat memberikan suara mereka kepada sala satu calon pemimpin di Papua ini. Tapi jangan terjebak dengan isu-isu menyesatkan yang dibangun oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” kata Emus Gwijangge kepada wartawan, Senin (8/1/2018).

Untuk itu, Emus meminta agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dihembuskan oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab, apalagi dengan yang tujuannya menyesatkan.

“Saya rasa masyarakat sekarang lebih pintar. Jadi intinya bahwa kami masyarakat, tokoh gereja, tokoh intelektual, pemerintah dan mahasiswa serta seluruh lapisan masyarakat Papua kita bersama-sama menjaga jalannya Pilkada ini agar tetap aman, damai dan sukses tanpa harus ada korban,” tegasnya.

Namun Emus Gwijangge berharap, jangan sampai mengotori pelaksanaan Pilkada di Papua, meskipun banyak orang menganggap bahwa Pilkada di Papua ini rawan konflik.

Namun jika semua komponen bersama-sama untuk menjaga jalannya pilkada itu, maka bisa menepis anggapan itu, sehingga Papua tetap aman dan damai.

Oleh karena itu, ia meminta kepada pihak keamanan maupun pengawas dan  KPU sebagai penyelenggara harus menjalankan tugasnya secara professional dan netral.

“Jangan menciptakan sesuatu yang bermasalah. Kita kerja sesuai tupoksi kita masing-masing. Jadi Panwas dan KPU harus bekerja dengan netral dan sesuai dengan aturan. TNI/Polri  juga tetap menjalankan tugasnya sesuai tupoksinya, dan masyarakat serta LSM dan lain-lainnya kita bekerja saja. Tapi hak politik kita tetap berikan kepada calon pemimpin yang memang betul-betul pilihan rakyat,” ucapnya.

Emus menambahkan sekaligus mengimbau kepada masyarakat jangan sampai ada yang korban, untuk itu masyarakat tetap tenang sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak dinginkan.

Apalagi, tambah Emus, kedua kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan putra terbaik Papua dan putra terbaik di wilayah pegunungan.

“Di sini saya mau kasi tau kedua calon pemipin kita ini adalah sama-sama putra terbaik Papua, dan putra terbaik dari wilayah pegunungan, sehingga kedepannya kedua calon ini tetap jalan. Jadi  jangan main-main dengan Pilkada,” tutup Emus Gwijangge. (ara/rm)

LEAVE A REPLY