JAYAPURA (PT) – Ketua Umum Koni Pusat, Tono Suratman usai melantik pengurus KONI Papua periode 2017-2021, berkesempatan berkunjung ke venue Stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Dalam kunjungan itu, Tono Suratman didampingi Wakil Ketua Koni Pusat, Suwarno, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda dan Kepala Dinas Olahraga dan
Pemuda Yusuf Yambe Yabdi.

Tono menjelaskan, kunjungan ini sekaligus melihat progres pembangunan venue PON di Papua sudah sejauh mana.

Diakui, ada beberapa venues yang dibangunan oleh Pemerintah Pusat nanti di lokasi stadion utama Papua Bangkit maupun di Doyo, Distrik Waibu.

“Pembangunan venue stadion utama progresnya sudah 41 persen dan stadion ini kedepan akan menjadi ikon bagi masyarakat Papua,” ujarnya.

Tono mengaku, Pemerintah Provinsi Papua juga tahun ini akan melakukan renovasi beberapa venue, dan diharapkan  proses renovasi dapat dilakukan secara cepat. Sehingga diharapkan tahun depan sudah selesai.

Namun, yang menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua adalah masalah akomodasi dan konsumsi. Kedua aspek ini diharapkan mulai sekarang dipikirkan, baik akomodasi darat, udara maupun laut.

Di bidang konsumsi pun sama. Karena harus mencari cara untuk mendistribusikan konsumsi bagi cabang-cabang olahraga pada semua tempat pertandingan yang tersebar di lima klaster.

Ia menambahkan, dengan progres pembangunan yang sangat cepat, ia sangat optimis PON 2020 dapat terlaksana tepat waktu. Pada kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada seluruh koni-koni Provinsi untuk jangan lagi ada pesimis. Tetapi persiapkan atletnya, karena PON pasti terlaksana di tanah Papua.

“Dengan melihat pembangunan ini, saya pastikan KONI Pusat setiap dua bulan akan mengirim perwakilannya ke Papua untuk melihat sejauh mana progres pembangunan venue PON di Papua,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY