Wamena (PT) – Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jayawijaya optimis mampu memenuhi target penerimaan pajak yang bersumber dari empat jenis pembayaran pajak untuk tahun 2018 mencapai Rp 16.158.655 miliar.

Pejabat Sementara Kepala Samsat Wamena, Syamsudin Tasanif mengatakan, ada empat sumber target penerimaan pajak tahun 2018 yakni PKB sebesar Rp 7.953.750 miliar ,pajak balik nama (BBN) ditargetkan Rp 8.24.650 miliar, sumbangan pihak ketiga Rp 165.255.000 juta dan air permukaan listrik dari PLN Rp 150.000.00 juta pertahun sehingga tahun ini ditargetkan Rp16.518.655 miliar.

“Dari tahun-ketahun kami selalu melebihi target pembayaran pajak misalnya tahun 2017 yang di targetkan Rp 15 miliar tetapi kami mendapatkan Rp 20 miliar sehingga terjadi
melebihi target,” ungkapnya kepada wartawaan saat di temui di ruang kerjanya Selasa, (20/02/2018).

“Yang paling potensial dari empat poin itu adalah PKB, karna memiliki database
yang ada di samsat. PKB ini juga tergantung pembelian dari masyarakat dan SKPD pemerintahan. Karna barang itu sudah terdaftar maka kami harus kejar untuk pembayaran pajaknya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, kedepan Samsat akan bekerjasama dengan pihak Kepolisian Jayawijaya untuk mendatangi setiap rumah warga bagi yang memiliki kendaran.

Upaya ini, lanjutnya, untuk mengatasi bagi masyarakat yang tidak membayar pajak kendaraan.

Menurutnya, selain yang dimaksud pada penerimaan maka hal ini bisa saja juga melalui razia yang dilakukan pihak kepolisaan melalui satuan Lantas di Kota Wamena.

Untuk saat ini, tamnahnya, belum memastikan jumlah kendaraan karna database yang dimiliki terkadang dari Jayapura.

Kemudian Samsat Wamena juga membawahi beberapa kabupaten seperti Kabupaten Nduga, Tolikara, Yalimo dan Lani Jaya.

“Semua daerah ini mendaftarnya di Samsat Wamena,” terangnya.

Mengenai tunggakan pajak di kabupaten yang lain, diakuinya, pihaknya akan mengusulkan juga karna pihaknya mempunyai database yang akan di serahkan kepada SKPD masing-masing.

“Masalah kesadaran masyarakat untuk di wilayah Wamena cukup bagus dalam membayar wajip pajak kendaraan,” pungkasnya. (tar/rm)

LEAVE A REPLY