JAYAPURA (PT) – Pjs. Gubernur Papua, Soedarmo mengungkapkan, media sebagai mitra pemerintah diminta ikut membantu mensukseskan pelaksanaan pilkada sesuai dengan kewenangan baik media cetak maupun elektronik dapat membantu pelaksanaan pilkada supaya sukses, lancar dan damai.

“Saya minta media ini juga dapat berpartisipasi artinya memberitakan yang positif atau memberitakan berita-berita yang tidak mengandung provokasi,” ungkap Soedarmo.

Guna mewujudkan pelaksanaan pilkada tersebut dengan baik maka media juga ada hati untuk NKRI.

“Saya minta ya termasuk para wartawan juga jangan memprovokasi, tetapi bagaimana kita menghilangkan provokasi tersebut,” tegasnya.

Misalnya, kata Soedarmo bahwa ketika ada berita-berita hoax atau negatif tidak usah terlalu diviralkan tetapi wartawan juga perlu mengecek kebenaran berita tersebut sebab kebenaran suatu berita sangat penting.

Dia menambahkan, selama masa pemilu, media juga diminta untuk berperan netral, tidak pilih kasih, tidak memihak pada salah 3satu calon. Kemudian menyampaikan berita secara utuh dan benar, serta menggunakan bahasa yang tidak hanya menarik masyarakat untuk membacanya terutama pada judul berita, namun harus berisi muatan yang tetap menjaga kondusifitas.

“Kami pahami betul, judul yang menarik lebih disukai masyarakat untuk segera membaca. Namun tetap kami berharap isi beritanya adem dan sebelum diberitakan kemasyarakatan untuk konfirmasi dari kebenaran berita tersebut,” tandasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY