JAYAPURA (PT) –  Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI) dan Pengprov POBSI Papua menyepakati bakal mempertandingkan 18 nomor pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua.

“Untuk sementara 18 nomor pertandingan, 16 nomor putra dan 2
nomor putri,” ungkap Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB POBSI, Robby Suarli didampingi Sekum POBSI Papua, Agus Fakaubun saat ditemui wartawan, Kamis, (22/3/2018).

Dijelaskannya, lokasi atau venue tempat pertandingan cabor billiard bakal diselenggarakan di Auditorium Universisitas Cenderwasih Jayapura.

Menurut Robby, pilihan ke Auditorium Uncen karena dari lokasi dan ruangannya lebih bagus dari lokasi PON Jawa Barat 2016 lalu.

“Kita pilih Auditorium Uncen karena ada tribunnya,” ujarnya.

Robby mengaku, ketika PON di Jawa Barat, lokasi cabor billiard sangat sempit bahkan untuk membuat pertisi saja sudah sempit kemudian VIP sempit sedangkan kalau di Auditorium Uncen tempat untuk VIP sangat luar biasa.

“Jadi Auditorium Uncen paling ideal dan sangat cocok untuk venue Biliard. Kalau dilihat dari sisi ruangan Auditorium Uncen panjangnya 50 meter dan lebarnya 30 meter, di PON Jawa Barat itu lebarnya venue lebar 15 meter dan panjang tidak sampai 50 meter. Jadi artinya Auditorium Uncen sudah sangat ideal,” bebernya.

Sementara itu, Sekertaris POBSI Papua, Agus Fakaubun menambahkan, sudah ada kesepakatan dari seluruh Pengprov POBSI Se-Indonesia untuk mempertandingkan nomor wajib.

“Kita sepakat seluruh Indonesia bahwa ada 12 nomor wajib yang dipertandingkan. Untuk kami dari Pengprov Papua akan melihat dari jumlah nomor wajib itu Papua bisa dapat berapa, kemudian kita akan
tambahkan, yang jelas ada kita punya nomor unggulan seperti carom kita akan tambah, paling tidak Papua muda-mudahan bisa minimal bisa bertahan dari apa yang kemarin sudah kita dapat di Pon Jawa Barat,”
jelasnya.

Sementara disinggung apakah dari nomor wajib ini Papua sudah mempunyai atlet, ia mengaku ada atlet cuma kalau untuk target medali keseluruhan untuk saat ini belum.

“Sehingga diharapkan dalam waktu Treaning Center/pemusatan latihan ada perkembangan pasti bisa. Target nomor mungkin kita bisa mendapatkan empat medali emas disitu,” tandasnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY