TOLIKARA (PT) – Dalam rangka menghadapi pelaksanaan iven lima tahunan tingkat nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, Pengprov Paralayang Papua bersama PB PON XX dan KONI Papua terus berusaha menyiapkan bagaimana venue untuk pertandingan Cabang Olahraga Paralayang PON XX Tahun 2020 dapat terlaksana dengan baik.

Dari sejumlah calon lokasi pertandingan Cabor Paralayang PON XX tahun 2020 yang sudah dilakukan survey di Papua maka pilihannya jatuh ke Bukit Kolengger, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.

Ketua Pengprov Paralayang Papua, Ruben Magai, S.IP mengatakan, dipilihnya lokasi lomba Paralayang di Kabupaten Tolikara karena beberapa alasan yang urgen dimana salah satunya karena waktu penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Papua yang semakin dekat namun kesiapan venue Paralayang belum jelas.

Disamping itu, antusias Pemerintah Kabupaten Tolikara bersama masyarakat Tolikara untuk menyambut PON XX di Tolikara sangat luar biasa.

“Buktinya, saat Djoko Bisowarno, Technical Delegate cabor Paralayang bersama Steve Dumbon dari Pengprov Paralayang Papua yang meninjau calon lokasi PON XX cabor Paralayang disambut hangat Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo didampingi Sekda, Panus Kogoya serta sejumlah masyarakat,” ungkap Ruben Magai lewat Steve Dumbon dari Pengprov Paralayang Papua ketika dikonfirmasi Papua Today, Sabtu (24/3/2018).

Menurutnya, penunjukkan Kabupaten Tolikara menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX Clcabor Paralayang karena Pemkab Tolikara dalam beberapa tahun tahun terakhir ini terus menggalakkan pembangun venue Paralayang di Bukit Kolengger, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo saat menerima delegasi Paralayang di Bandara Karubaga mengatakan, tahun ini Pemkab Tolikara akan menyelesaikan pembangunan venue Paralayang dengan mengaspal jalan sepanjang 1,5 kilometer menuju lokasi Tltake-off tempat penampung atlet lengkap dgn MCK, gudang penyimpanan parasut serta perluasan lokasi landing di Lapangan Merah Putih.

Bupati Usman mengharapkan pada bulan Agustus 2018, pembangunan venue Paralayang PON XX Papua sudah selesai dibangun .

Sementara Technical Delegate Paralayang, Djoko Bisowarno menjelaskan, lokasi Kolengger Tolikara sudah memenuhi standar untuk pertandingan Paralayang PON XX tahun 2020.

Diakuinya, apabila pembangunan venue selesai dibangun tahun 2018, maka tahun 2019 Paralayang akan menggelar Pra Kualifikasi PON XX di Tolikara serta salah satu seri Kejuaraan Paralayang Nasional, TROI. (dm)

LEAVE A REPLY