JAYAPURA (PT) – Ketua KONI Kota Jayapura yang juga Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM resmi melantik Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) yang di ketuai Merlan Uloli di Aula SMPN 1 Jayapura, Sabtu (5/5/2018).

Wali Kota BTM mengaku dirinya menyambut baik atas dilantiknya Percasi Kota Jayapura periode tahun 2017-2021 yang baru sekaligus pembukaan Turnamen Catur Se-Kota Jayapura.

Iapun berharap kegiatan ini dapat membangun atlet-atlet muda Kota Jayapura menuju tingkat nasional dan PON 2020 di Papua.

Selain itu, Mano juga menjelaskan, selaku Ketua KONI Kota Jayapura, dirinya menyambut baik dan menghargai atas terlaksana turnamen yang diharapkan dapat dijadikan momentum untuk perbaikan penyempurnaan dan revalitasasi keolahragaan yang kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan atlet catur di Kota Jayapura.

“Dengan kegiatan ini mampu membangun keunggulan di kanca nasional pada masa yang akan datang terutama dalam mempersiapkan atlet-atlet yang nantinya masuk kontingen Papua pada pelaksanaan POPNAS tahun 2019 dan PON XX tahun 2020,” terangnya.

Oleh sebab itu, lanjut Mano bahwa pelaksanaan pelantikan pengurus Percasi Kota Jayapura ini merupakan salah satu motivasi tersendiri dalam meningkatkan prestaai Catur di Kota Jayapura.

“Saya memberikan apresiasi tersendiri dalam meningkatkan prestasi Catur di Kota Jayapura yang kita banggakan dan agar dijadikan aset prestasi bagi Percasi Kota Jayapura,” katanya.

Wali Kota berharap dengan adanya kegiatan ini juga agar dapat melahirkan ide-ide positif yang dimiliki dan dapat dituangkan pada program kerja terutama dalam mempersiapkan diri menghadapi POPNAS tahun 2019 dan PON XX tahun 2020.

Dimana kekurangan pada masa lalu hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk terus bekerja lebih baik lagi kedepannya dengan misi perubahan krn yang paling prinsip adalah bagaimana visi, misi dan strategi serta program kerja yang telah disusun dapat dilaksanakan dan juga tepat sasaran.

“Sebuah pesan singkat saya adalah hendaknya pengurus yang telah dilantik tersebut mampu mempertahankan dan melaksanakan segala visi dan misi sesuai harapan dan tujuan yang dapat dipertahankan dan ditingkatkan terutama program pembinaan bagi atlet usia dini dan jika perlu pembinaan ini juga melibatkan Stakeholder dari berbagai Pengusaha,” harapnya.

Untuk turnamen, Wali Kota berpesan kepada seluruh peserta turnamen catur agar dapat memanfaatkan moment ini sebagai upaya untuk mengasah kemampuan yang semaksimal mungkin, selamat bertanding dan bagi perangkat pertandingan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya ke depan yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Percasi Kota Jayapura, Merlan Uloli mengatakan, setelah kepengurusan Percasi dilantik maka pihaknya mengajak seluruh stakeholder bergandeng tangan untuk serius, mau berkorban baik tenaga maupun materi guna kemajuan Percasi di Kota Jayapura

“Kami juga melaksanakan turnamen catur baik ditingkat sekolah maupun senior umum dalam rangka jelang hari Pendidikan Nasional,” imbuhnya.

Diakuinya dalam perlombaan catur kali ini sekaligus mencari generasi penerus pecatur yang handal guna menghadapi turnamen catur seluruh Indonesia di Kota Jayapura tahun 2019.

“Kegiatan turnamen ini juga merupakan bukti kinerja awal oleh kepengurusan Percasi Kota Jayapura yang baru dilantik guna mencari bibit unggul muda untuk generasi penerus,” tandas Merlan. (ri/dm)

LEAVE A REPLY