NABIRE (PT) – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Papua yang berlangsung di Kabupaten Nabire, Senin (6/5/2018) malam resmi ditutup oleh Sekda Provinsi Papua, T.E.A Hery Dosinaen, S.IP, M.KP mewakili Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo.

Sekda Hery yang didampingi Bupati
Nabire, Isaias Douw tiba pukul 20.50 WIT dengan disambut pejabat daerah, Muspida dan pihak panitia MTQ tingkat Provinsi Papua ke-27 tahun 2018.

Sebelum prosesi penutupan pelaksanaan MTQ tersebut dibacakan hasil pelaksanaan atau lomba kegiatan MTQ oleh koordinator dewan hakim MTQ XXVII Provinsi Papua 2018, H. Umar Bauw dan dilanjutkan dengan
penampilan qosidah dari Majelis Taklim Al-Falah dan sambutan dari
Ketua Panitia MTQ, Ketua LPTQ Provinsi Papua serta sambutan Bupati Nabire.

Sekda Hery Dosinaen sebelum menutup secara resmi MTQ tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Nabire dengan ditandai pemukulan beduq mengatakan, sesuai pesan dari Penjabat Gubernur Papua bahwa dirinya pun menaruh
perhatian dan bangga dengan pelaksanaan MTQ kali ini karena dilaksanakan melalui partisipasi seluruh umat beragama di kota yang dikenal dengan emasnya ini.

Menurut Sekda Hery, ini menunjukan bahwa kehidupan antar umat beragama di Papua telah berlangsung dinamis, harmonis dan semakin toleransi.

Kerukunan dan kebersamaan seperti ini menjadi perekat kedamaian masyarakat Papua.

Sekda tak lupa memberikan mengapresiasi setinggi-tinggi kepada pihak panitia pelaksanaan MTQ tahun ini, kiranya melalui MTQ XXVII Papua di Kabupaten Nabire ini dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan didalam kebhinnekaan demi kerukunan antar umat di Provinsi Papua.

“Al-Quran memberikan tuntutan kepada umat manusia dimuka bumi ini, khususnya umat muslim, untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi, dan hidup dalam kedamaian. Al Quran mengajarkan umat manusia untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf dan tidak saling membenci,” ungkapnya.

Sekda juga berharap, MTQ ini dapat melahirkan para peserta terbaik untuk berbagai ketagori yang akan mewakili Papua pada MTQ Nasional ke-27 tahun 2018 yang akan digelar di Sumatera Utara mendatang.

Harapan tersebut disambut baik pihak panitia dan masyarakat Papua, khususnya warga Nabire.

Hal ini seperti disampaikan Bupati Nabire Isaias Douw dan Ketua LPTQ Provinsi Papua Muhammad Musa’ad dan Ketua Panitia MTQ tingkat Provinsi Papua di Nabire Yufinia Mote.

Ketua TP PKK selaku Ibu Bupati dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Kabupaten Nabire ini dalam sambutannya menyampaikan kiranya apa yang menjadi inti dari pelaksanaan MTQ ini.

“Kita dapat mengamalkan kandungan dan arti serta makna Al Quran itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
Al Quran juga mengajak manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kejahatan dan permusuhan. Pemahaman atas arti dan makna Al Quran secara lengkap dan utuh menjadikan kaum muslimin dan muslimat dapat menjalani kehidupan sesuai dengan tuntutan ilahi.
Oleh karena itu, maka peningkatan kualitas iman melalui perlombaan baca Alquran bagi umat Islam menjadi sangat penting,” ucapnya.

“Melalui kegiatan MTQ ini bisa dapat mewujudkan masyarakat berakhat mulia. Kita dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Papua yang majemuk melalui nilai-nilai keagamaan, khususnya membentuk karakter spiritual generasi emas Papua,” pungkasnya.

Nabire Juara Umum

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Papua
tahun 2018, yang dihelat di Kabupaten Nabire ternyata tidak sia-sia, lantaran dengan prestasi yang ditunjukan para kafilah-kafilah asal
kota emas ini berhasil membungkus (sabet) juara di beberapa kategori perlombaan akhirnya Nabire ditetapkan menjadi juara umum.

Penetapan juara umum ini sesuai keputusan dewan hakim MTQ XXVII
(ke-27) tingkat Provinsi Papua nomor : 04/DH/MTQ-XXVII/V/Papua/2018 tentang juara umum pada MTQ  XXVII tingkat Provinsi Papua tahun 2018.

Dalam keputusan dewan hakim yang dibacakan koordinator dewan hakim MTQ-XXVII Provinsi Papua 2018 Drs H. Umar Bauw Albintuni itu berdasarkan pertimbangan beberapa hal, salah satunya bahwa kafilah yang memperoleh nilai tertinggi pada pelaksanaan MTQ dari cabang lomba yang dilombakan ditetapkan sebagai juara umum MTQ-XXVII tingkat Provinsi Papua tahun 2018 di Kabupaten Nabire.

Selain itu, mengingat dan memperhatikan keputusan dewan hakim MTQ nomor 02/DH/MTQ-XXVII/Papua/2018 tanggal 6 Mei 2018 tentang pembaca terbaik dan juara pertama, kedua, ketika serta harapan terbanyak pada
pelaksanaan MTQ dimaksud dan dewan hakim serta sidang dewan hakim atas hasil lomba MTQ-XXVII tertanggal 6 Mei 2018 di Kabupaten Nabire.

Perlomban kategori Menulis Makalah Ilmiyah (Al-Qur’an) campuran juara pertama Fitriyani Lail dari Kota Jayapura, Wike Juniati dari Kabupaten Keerom dan Eka Putri Innayah dari Kabupaten Nabire.
Kategori  Fahmil Qur’an kelompok putra juara pertama Kabupaten Kepulauan Yapen, juara kedua Kab Mappi dan juara ketiga Kota Jayapura. Kelompok putri juara pertama Kabupaten Merauke, kedua Kab. Jayapura dan juara ketiga Kota Jayapura.

Kategori Qari kelompok remaja juara pertama M. Endiko Ananta dari
Kabupaten Nabire, juara kedua Al Mera dari Kota Jayapura dan juara
ketiga Abna Mufid Kabupaten Nabire.
Kelompok Qari’ah juara pertama Zafa Zahiya Putri dari Kabupaten
Nabire, Fieda Imel juara kedua dari Kota Jayapura dan juara ketiga Ilmiyah Syamsibahri dari Kabupaten Jayapura.

Kelompok Qari untuk kelompok Dewasa juara pertama Raudin dari
Kabupaten Biak Numfor, Satriadi dari Kabupaten Merauke juara kedua,
dan Eep Saifullah juara ketiga dari Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara untuk karegori Hifzhil Gol 1 juz & Tilawah putra juara pertama Ardiansyah dari Kabupaten Yahukimo, juara kedua Bayu Putra
Kota Jayapura, dan juara ketiga Noval Kabupaten Merauke.

Kategori putri juara pertama Meidiana Ayuningtyasih Kabupaten Nabire, juara kedua Aisyah Kabupaten Biak Numfor dan juara ketiga Rizka Auliah dari Kabupaten Waropen.

Hifzhil Gol 5 juz & Tilawah putra juara pertama Hafizh Ahmad dari Kabupaten Jayapura, juara kedua Abdul Razak Askar Kota Jayapura dan juara ketiga Moh. Fauzu Ismi dari Kabupaten Nabire.

Gol. Dewasa Qari’ah juara pertama Biak Numfor, kedua Kabupaten Nabire, dan juara ketiga dari Kabupaten Waropen. Gol. Tartil putra juara pertama dari Kabupaten Nabire, juara kedua Kabupaten Jayapura dan juara ketiga Kabupaten Nabire. Kelompok putri juara pertam dari Kabupaten Nabire, juara kedua Kabupaten Yahukimo dan juara ketiga Kabupaten Mappi.

Gol 10 juz juara pertama Kabupaten Nabire, kedua Kabupaten Keerom dan juara ketiga Kabupaten Jayapura.

Cabang Tilawah kelompok anak-anak putra juara pertama Nabire, kedua Jayawijaya dan juara ketiga Kabupaten Jayapura.

Kelompok putri juara pertama Kabupaten Nabire, kedua Kota Jayapura dan juara ketiga Kabupaten Jayawijaya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY