JAYAPURA (PT) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengakui bahwa semangat pahlawan Pattimura yang berani, gagah perkasa, pengayom, pelindung dan mempunyai inovasi yang luar biasa serta juga seorang kreator yang telah mendarah daging dalam diri keluarga besar Ikemal di Tanah Papua juga ikut serta membangun Kota Jayapura.

Oleh karena itu, momen peringatan HUT Pattimura, hendaknya dijadikan sebagai semangat yang telah diwariskan oleh Pattimura dengan memaknai peristiwa dalam sebuah aspek kehidupan di Tanah Papua khususnya di Kota Jayapura.

“Peringatan ini dapat dimaknai sebagai peningkatan peran warga Ikemal di tanah Papua khususnya yang ada di Kota Jayapura. Sehingga meningkatkan pemahaman terhadap cita-cita luhur pahlawan Pattimura dapat terwujudkan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta rasa persaudaraan dalam keanekaragaman budaya,” ungkap Wali Kota pada acara Lari Obor dan Baku Dapa
Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) memperingati HUT Pattimura ke 201 tahun 2018, Selasa (15/5/2018) di Lapangan Brimob hingga GOR Waringin.

Disamping itu, Wali Kota juga mengakui bahwa menyatukan persepsi dan pandangan tentang berbagai kepentingan dan permasalahan yang relevan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara di saat ini di Kota Jayapura memang sulit namun dibutuhkan kebersamaan.

“Ikemal merupakan salah satu komponen besar masyarakat yang turut andil dan pengaruh besar pula dalam membangun tatanan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Kota jayapura,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jayapura mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Maluku yang ada di Kota Jayapura yang terus memberikan semangat dan dedikasinya ikut membangun Tanah Papua khususnya kota Jayapura.

Sementara itu, Ketua Ikemal Provinsi Papua, Drs. Elia I Loupaty, MM mengatakan, sebagai Ketua Umum, anak Maluku yang ada di tanah Papua dapat memberikan sumbangsih dalam rangka pertumbuhan ekonomi sebagai bagian partisipasi masyarakat Maluku secara langsung di Provinsi Papua.

“Profesi saudara di bidang perekonomian untuk dapat ditumbuh kembangkan, dipelihara, dan jangan perlu malu dalam usaha di bidang ekonomi, usaha miro dan sub mikro,” katanya.

Ditambahnya, Pilkada Gubernur Provinsi Papua dan 7 kabupaten yang melaksanakan pilkada dapat belangsung baik.

“Warga Ikemal berpartisipasi langsung mengunakan hak pilih saudara sebagai warga negara. Tidak ada satupun yang dapat di pengaruhi oleh siapapun. Dan jaga ketentrman, ketertiban di pilkada tahun ini,” tandasnya. (ai/dm)

LEAVE A REPLY