SENTANI (PT) – Pemerintah Kabupaten Pemkab Jayapura kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

Dengan hasil itu, Pemkab Jayapura telah meraih opini WTP sebanyak empat kali berturut-turut sejak tahun 2014.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua, Adi Sudibyo kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada tujuh Kabupaten/Kota lainnya seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Asmat, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Papua.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengaku merasa bersyukur atas pencapaian ini. Iapun mengaku bangga atas kinerja jajarannya yang telah berupaya keras agar memenuhi kualitas opini WTP.

“Ya, kemarin Kabupaten Jayapura dapat WTP untuk keempat kali dari badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Empat kali berturut-turut terima WTP, itu berarti sudah stabil untuk pengaturan atau penanganan keuangan daerah,” ucap Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan.

“Puji Tuhan sejak tahun 2014 hingga 2018 ini, Kabupaten Jayapura terus meraih WTP. Mudah-mudahan hasil terbaik ini terus dipertahankan,” sambungnya lagi.

Bupati Mathius menjelaskan bahwa dirinya sangat berharap di tahun 2019 mendatang, Pemkab Jayapura harus kembali memperoleh opini WTP. Sebab ketika lima kali dapat WTP, maka akan ada apresiasi dari BPK.

“Karena kalau lima kali berturut-turut, mungkin nanti akan ada apresiasi dalam bentuk dana tambahan ke pemerintah daerah sini,” tuturnya.

Meraih opini WTP, menurut Mathius, ini bukan usaha yang harus menjadi perhatian penuh dari semua pihak. Namun hal ini harus menjadi budaya atau suatu kebiasaan untuk mengelola keuangan.
Sebab, dalam mengelola keuangan suatu kewajiban.

“Karena itu kita taruh orang baik di Inspektorat dan Keuangan agar mereka bekerja dengan baik untuk mengelola keuangan. Kalau tidak becus dalam mengelola keuangan maka kita ganti, sehingga itu menjadi tugas dan kewajiban untuk mengelola keuangan secara baik,” katanya.

Ia menambahkan, prestasi terbaik yang diperoleh saat ini dan tahun-tahun sebelumnya merupakan kerja keras semua pihak, baik pejabat dan staf seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Se-Kabupaten Jayapura serta dukungan dan dorongan dari pimpinan dan juga anggota DPRD Kabupaten Jayapura, sehingga prestasi tersebut masih dapat dipertahankan.

“Jadi, perolehan WTP ini bukanlah berarti kita harus berpuas diri. Tapi, harus kita sadari bahwa penyempurnaan-penyempurnaan harus lah kita kedepankan, khususnya dalam penerapan sistem pengendalian intern pemerintah terutama pengawasan dan kontrol berlapis disetiap jenjang kegiatan seluruh OPD, baik dalam pengelolaan aset daerah terutama sekali dalam pengelolaan keuangan daerah,” imbuhnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY