SENTANI (PT) – Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) untuk lima kampung di Distrik Kaureh yang dilakukan dan diprakarsai oleh tim pendamping Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura di Hotel Horex Sentani mendapat apresiasi dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Bupati mengakui bahwa pendamping Distrik Kaureh secara langsung sudah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Jayapura dengan melakukan pelatihan Siskeudes ini.

“Saya memberikan apresiasi untuk teman-teman yang memprakarsai. Karena kita bicara mengenai SDM Papua. Yang mana, sampai saat ini kita masih sibuk ditataran atasnya saja, yakni di struktur pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat atau pelaku-pelaku langsung di kampung-kampung yang langsung bertanggung jawab berhadapan dengan masyarakat setiap hari,” ujar Bupati.

Bupati Mathius menyatakan, seluruh penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dalam kampung harus dapat dipertanggung jawabkan dengan ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta agar benar-benar serius mengikuti pelatihan sistem pengelolaan keuangan kampung ini serta dapat mengimplementasikannya pengelolaan keuangan di kampung masing-masing.

“Dengan terwujudnya tata pengelolan keuangan kampung yang baik, maka akan mempermudah negara dalam memonitoring keberhasilan pembangunan dalam suatu kampung. Jadi, saya pikir pelatihan ini penting untuk kampung dalam mengelola keuangan di kampung masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Kaureh, Najamuddin menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah perangkat kampung perwakilan setiap kampung yang ada di Distrik Kaureh.

“Keseluruhan peserta ini dari lima kampung yang ada di Distrik Kaureh yakni Kampung Lapua, Kampung Soskotek, Kampung Sebum, Kampung Yadauw dan Kampung Umbron. Jadi, pelatihan Siskeudes bagi aparat kampung di Distrik Kaureh ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh distrik-distrik yang ada di Kabupaten Jayapura,” katanya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY