JAYAPURA (PT) – Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, pihaknya sangat berkeinginan supaya seluruh mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) yang saat ini menempuh pendidikan baik didalam negeri maupun diluar negeri mempunyai daya saing yang lebih bagus dari daerah lain.

Dengan demikian, lanjut Lukas Enembe bahwa ketika sudah mempunyai daya saing yang lebih bagus maka akan mampu menunjukkan bahwa OAP siap membangun Indonesia lebih khusus Papua.

“Kan kita bisa bangga ketika ada OAP jadi pilot yang mampu menerbangkan pesawat boeng garuda,” ungkap Lukas Enembe saat memberikan materi sosialisasi dalam rangka Kebangkitan Kemajuan Pendidikan Secara Nasional Maupun Internasional Menuju Kemandirian.

Diakuinya, ada banyak anak-anak OAP khususnya anak pegunungan yang menempuh pendidikan di luar negeri dan mampu bersaing.

Oleh karena itu, anak-anak OAP yang menempuh pendidikan di luar negeri itu bukan saja menjadi aset Papua melainkan menjadi aset Indonesia.

“Mereka belajar dari berbagai bahasa di belahan dunia ini. Misalnya saja, ada 63 orang saya kirim di masa menjabat sebagai Gubernur Papua untuk kuliah di Sekolah Tinggi Teknik PLN ditambah lagi sekolah perpajakan,” bebernya.

Untuk itu, kata Enembe bahwa dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa OAP untuk maju di dunia pendidikan maka menjadi kewajiban pemerintah memberikan fasilitas dan mendorongnya.

“Dimasa kepemimpinan kami LUKMEN, pemerintah fokus untuk pendidikan anak-anak OAP didalam negeri maupun luar negeri. Terbukti banyak mahasiswa OAP tersebar di belahan dunia ini dengan kemampuannya masing-masing,” pungkasnya. (dm)

LEAVE A REPLY