JAYAPURA (PT) – Sebanyak 180 orang pengawas tingkat kelurahan dan kampung Se-Distrik Abepura, Kota Jayapura resmi dilantik oleh Ketua Panwas Distrik Abepura, Adolof Imanuel, Jumat (22/6/2018).

Acara pelantikan ini juga sekaligus dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Pengawas TPS Se-Distrik Abepura untuk Pilgub Papua Tahun 2018.

“Yang dilantik hari ini berjumlah 180 dari 11 kelurahan dan kampung untuk Distrik Abepura. Jadi mereka ini bertugas untuk mengawasi tahapan Pilkada di beberapa TPS mulai dari pembukaan kotak suara sampai perhitungan suara. Dari pagi mereka sudah ada di tempat pemungutan suara sampai jam 13.00 WIT siang. Mereka kawal sampai ke distrik,” ungkap Ketua Panwas Distrik Abepura, Adolof Imanuel saat ditemui wartawan Papuatoday.

Diakuinya, pengawas TPS ini sudah siap mulai bertugas dan terjun ke lapangan.

“Sebelum H-1 mereka mengawasi surat pemeritahuan atau C6 untuk ke pemilih, itu dibagi ke KPPS dan itu juga diawasi,” katanya.

Dijelaskan, tugas 180 orang yang dilantik ini nantinya akan mengawasi pelangaran yang terjadi.

Misalnya, tidak adannya netralitas dari penyelengara ataupun yang lainnya.

“Misalnya ada mobilisasi massa, maka mereka diawasi dengan cara di foto dan di siapkan formulir untuk dicatat,” imbuhnya.

Diakuinya, mereka ini dalam menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka juga tidak memihak kepada siapapun dan mereka juga harus keras jika ada pelangaran kemudian segera melapor kepada Panwas Distrik untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (ai/dm)

LEAVE A REPLY