JAYAPURA (PT) – Kegiatan Binmas Pionner sebagai wujud dan penjabaran dari Nawa Cita Pemerintah dalam hal ini adalah Polri bisa hadir di tengah masyarakat memberikan rasa aman untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta kemandirian guna untuk mewujudkan Giat Pioner Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak, Polres Mappi, Senin (9/6/2018).

Kapolsek Citak Mitak, Iptu. Irwanto Syawal mengatakan, lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga.

Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal.

“Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga,” katanya.

Berangkat dari hal tersebut, sebelumnya beberapa waktu yang lalu dimana  Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak, Brigpol. Hamdani bersama Charles di Kampung Wonggi untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya yang masih kosong untuk ditanamai tanaman yang bermanfaat seperti sayur-sayuran.

“Diharapkan dengan berjalannya kegiatan ini dapat menggugah warga sekitar dalam hal pemanfaatan lahan kosong dan tentunya giat tersebut masih perlu bantuan dari pihak atau dinas terkait guna pengembangan,” ujar Kapolsek Citak Mitak.

Ia juga mengaku bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas yang sedang berjalan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi ketersediaan pangan disekitar kampung.

Dikatakan, untuk melakukan budidaya sayur dan sumber pangan lain pada pekarangan rumah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga. (jul/dm)

LEAVE A REPLY