JAYAPURA (PT) – Ketua Aktivis Angkatan Muda Kingmi, Nason Utty meminta segala bentuk kekerasan di Papua lebih khusus di Kabupaten Nduga untuk dihentikan.

“Aksi kekerasan itu hanya menimbulkan jatuhnya korban warga yang tidak berdosa, sehingga menyisahkan trauma yang mendalam,” ungkap Nason Utty dalam keterangan persnya di Hotel Horison Jayapura, Rabu (18/7/2018).

Nason mengatakan, ketika aparat keamanan beralasan hendak mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) maka sebaiknya dilakukan secara bermartabat serta menghindari jatuhnya korban warga sipil.

“Stop aksi kekerasan dengan alasan untuk mengejar OPM di Kampung Alguru, Kabupaten Nduga. Karena yang jadi korban adalah warga kampung serta membuat warga ketakutan,’’ tegasnya.

Menurutnya, kekerasan dengan mengerahkan segala kekuatan persenjataan serta melakukan penyisiran di kampung-kampung sangat tidak mengharagai nilai-nilai kemanusiaan.

“Aparat keamanan melakukan serangan dari udara, karena menduga Kampung Alguru sebagai markas OPM, padahal Bupati Nduga, Yarius Gwijangge sudah melarang. Akibatnya masyarakat takut dan mengungsi karena situasi yang mencekam,’’ bebernya.

Untuk itu, Nason meminta aparat keamanan menghentikan tindakan represif di Nduga. (ara/dm)

LEAVE A REPLY