JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar, MH, Bupati Jayapura, Mathius Awoitouw, SE, M.Si, Kapolres Jayapura, AKBP. Victor D. Mackboan, SH, S.IK, MH, M.Si, Bhabinkamtibmas, Bripka. Engel Mayor dan perwakilan IOM Kabupaten Jayapura melakukan presentasi dan wawancara dalam rangka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 yang dilaksanakan di Kementrian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Jakarta, Senin (23/7/2018).

Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda) merupakan satu-satunya perwakilan dari Polda Papua khususnya Polres Jayapura yang terpilih menjadi top 99 inovasi pelayanan publik 2018.

Kemudian RM Papeda menjadi penutup presentasi dan wawancara di depan 8 juri independen yang terdiri dari Suryo Pratomo, Wawan Sobari, Prof. DR. Eko Prasojo, Prof. DR. R. Siti Zuhro, J. Kristiadi, Tulus Abadi, Nurjaman Muchtar dan Indah Sukmaningaih.

Kapolda Papua menyampaikan, bahwa RM Papeda ini merupakan inovasi yang berbasis pada teknologi sederhana, murah dan mandiri serta mengedepankan konsep sinergitas komunikasi yang berbasis kepada penggunaan HT melalui frekuensi Kamtibmas RM Papeda untuk meningkatkan respon cepat dan pelayanan kepada masyarakat baik dari kepolisian maupun dari instansi terkait yang sudah bersinergi di RM Papeda.

Sementara itu, Kapolres Jayapura menjelaskan bahwa RM Papeda yang sudah berjalan satu tahun lebih ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat, instansi pemerintah, TNI dan dukungan dari radio komunitas Orari Kabupaten Jayapura sehingga mampu menjadi salah satu tulang punggung komunikasi yang mandiri di Jayapura dalam meningkatkan pelayanan dan menjaga kamtibmas.

Ditempat yang sama, Bupati Jayapura menambahkan bahwa RM Papeda ini sangat membantu pemerintah daerah karena dengan adanya RM Papeda tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah meningkat sehingga mampu mendukung proses pembangunan di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan presentasi dan wawancara top 99 inovasi publik 2018 ditutup dengan simulasi penggunaan aplikasi android yang dapat terhubung denga radio pancar ulang (RPU) RM Papeda yang ada di Sentani.

Aplikasi android ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh ORARI Kab. Jayapura sehingga masyarakat dapat memantau juga komunikasi RM Papeda dengan aplikasi android. (Jul/dm)

LEAVE A REPLY