SENTANI (PT) – Guna meningkatkan mutu perekonomian pola rumah tangga masyatakat, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan menyerahkan 250 ekor bibit ayam kampung kepada 23 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Raveni Rara, Kabupaten Jayapura, Kamis (2/8/2018).

Selain menyerahkan bibit, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura juga menyerahkan bantuan pakan, vaksin dan obat untuk keperluan saat beternak ayam.

“Penyerahan ratusan ayam kampung ini langsung oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri bertujuan untuk peningkatan ekonomi pola rumah tangga. Selain itu juga, untuk pemenuhan akan protein hewani,” ungkap Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Disbunnak Kabupaten Jayapura, drh. Adorsina Wompere.

Ia mengatakan, penyerahan ratusan ayam kampung ini merupakan jawaban atas permintaan masyarakat di Kampung Yongsu Desoyo saat pelaksanaan Musrenbang baik ditingkat Kampung Yongsu Desoyo maupun Distrik Raveni Rara.

Diakuinya, penerima bantuan ini adalah masyarakat yang sehari-hari berpropesi sebagai nelayan.

“Sasarannya adalah nelayan karena apabila cuaca tidak mendukung, mereka dapat bekerja sambilan sebagai peternak ayam,” terangnya.

“Jadi, kalau lagi musim ombak atau angin kencang itu pasti mereka tidak pergi melaut. Sehingga mereka hanya di rumah. Ternak ayam di samping rumah mereka ini dapat menjadi kerja sambilan, sebagai peternak ayam dan hal itu sudah kita survei dari tahun lalu. Karena kita sudah lihat, maka kita beri bantuan tempat pakan, tempat minum, disinfektan dan sekarang ini baru kita berikan bantuan bibit ayam kepada mereka,” imbuhnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY