JAYAPURA (PT) – Perkembangan pembangunan di Kota Jayapura dibarengi dengan semakin padatnya arus kendaraan, tentunya diikuti dengan perkembangan segala sektor hingga menuju kota yang Smart City.

Oleh karena itu, Pemkot Jayapura bersama Kementrian Perhubungan melaunching penggunaan CCTV Area Traffic Control System (ATCS) yang berpusat di ruang control ATCS Lantai 1 Kantor Wali Kota, Jumat (31/8/2018).

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, Kota Jayapura kini semakin menuju kota yang Smart City dengan sistem pelayanan online terintegrasi.

Bahkan, menurut Wali Kota bahwa kamera pemantau ATCS sangat membantu pemerintah dan masyarakat pada umumnya untuk difungsikan guna memperlancar kemacetan di Kota Jayapura.

“Ini penting. Untuk pertama kali ATCS dipasang di Kota Jayapura dan ditargetkan ada di 7 titik guna memperlancar kemacetan dan tempat rawan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Wali Kota BTM.

Untuk sementara waktu, kamera pemantau rencananya dipasang pada 4 titik yakni persimpangan Waena, Kotaraja, disekitar jalan Gerilyawan Abepura.

“Nantinya kamera pemantau itu dipasang dan di control oleh saya secara langsung. Kemudian intansi terkait yakni Dinas Perhubungan dengan aparat kepolisian lalu lintas,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Wali Kota BTM, nantinya akan ada petugas yang melakukan tugasnya. Kemudian beberapa petugas akan ditraining di saat launching guna memantau perkembangan.

“Untuk itu, semua stakholder dan pelaku usaha harus memasang CCTV guna memantau hal yang tidak inginkan terjadi. Sehingga bukan saja pemerintah yang mengawasi melainkan masyarakat juga berperan serta,” tandasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY