JAYAPURA (PT) – Setelah menunggu waktu yang cukup lama, akhirnya, Selasa (11/9/2018) di Hotel Matos Abepura melalui Rapot Bolon I Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kota Jayapura terbentuk secara resmi.

Ronal Panjaitan, SH terpilih sebagai Ketua KMB Kota Jayapura periode 2018-2023.

Dari 39 kumpulan marga, muda-mudi Batak, kumpulan marga satu kampung, melalui voting dari 4 nama yang diusulkan menjadi calon ketua.

Dua nama mengundurkan diri, kemudian dilanjutkan voting dua nama yakni Ronal Panjaitan meraih suara 63 orang.

Sedangkan B. Sibarani hanya meraih suara 10 orang.

Dengan demimikian Ronal Panjaitan ditetapkan menjadi ketua dan diberikan mandat untuk menyusun sturuktur pengurus KMB Kota Jayapura periode 2018-2023.

Jalanya pemilihan Mubes ini biasa-biasa karena dari 4 calon ketua yang diajukan peserta Mubes.

Perbandingan suara cukup jauh tidak berimbang. Dari 75 orang yang punya hak suara, perolehan suara Ronal Panjaitan cukup melejit.

Dua calon hanya meraih 1 suara. Sementara 1 calon lain hanya meraih 8 suara.

Sebelum memasuki voting, dua calon mengundurkan diri yakni M. Ginting meraih 1 suara dan A. Nainggolan 8 suara mengundurkan diri.

Sementara B. Sibarani yang nota bene hanya meraih 1 suara dan Ronal Panjaitan meraih 65 suara ditetapkan staring comite (SC) ikut voting.

Hal ini sesuai mekanisme yang ditetapkan dalam persyaratan calon.

Saat voting dilakukan Ronal Panjaitan meraih suara terbanyak 63 suara. B Sibarani hanya meraih 10 suara.

Dengan demikian Ronal ditetapkan menjadi ketua KMB Kota Jayapura periode 2018-2023.

Usai Mubes dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi semalam, Ronal Panjaitan dalam sambutanya mengajak seluruh masyarakat Batak yang tinggal di Kota Jayapura untuk menyatukan hati dan langkah membangun Kota Jayapura bersama pemerintah kota Jayapura yang bangkit, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

“Terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat Batak yang ada di Kota Jayapura atas kepercayaanya kepada saya menahkodai KMB Kota Jayapura. Terus terang kalau saya sendiri tidak akan mampu menjalankan roda organisasi ini menuju arah yang lebih baik. Jadi saya mohon semua masyarakat Batak, khususnya pengurus yang masuk dalam struktur kepengurusan membantu saya. Mari kita bersama-sama membangun KMB di kota Jayapura,” ujar Ronal.

Sementara Ketua KMB Provinsi Papua, Kenan Sipayung, SP, M.Si menyambut secara suka atas terpilihnya Ronal Panjaitan sebagai ketua KMB Kota Jayapura periode 2018-2023.

“Saya sangat bahagia hari ini, karena pembentukan KMB Kota Jayapura sudah 3 tahun lalu direncanakan, tapi baru sekarang terwujud,” katanya.

“Saya sebagai Ketua KMB Provinsi sangat bahagia apalagi kumpulan marga semua hadir, demikian juga kumpula etnis Batak, kumpulan marga kampung-kampung dan kumpulan muda-mudi Batak Se-Kota Jayapura,” kata Kenan yang saat ini duduk sebagai anggota DPR Kota Jayapura.

Lanjutnya, masa kepengurusan atau periode kepemimpinannya 2014-2019 akan berakhir bulan Juli 2019.

Oleh karena itu, ia mengajak tua-tua Batak maupun generasi Muda Batak agar menyiapkan diri calon ketua KMB Provinsi 2019-2024 mendatang.

“Kita harus tunjukan eksistensi orang Batak di Tanah Papua. Estapet kepemimpinan harus jalan. Demikian pula budaya-budaya Batak harus tetap kita lestarikan sehingga anak cucu kita kelak mengetahui budaya Batak seperti apa. Ini harus kita tanamkan,” pesan Kenan.

Sementara penasehat
KMB Provinsi, Peraon Siagian menyatakan rasa haru dan bangga melihat animo masyarakat yang datang menghadiri Mubes I KMB Kota Jayapura cukup tinggi. Demokrasi berjalan aman dan lancar.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Batak dimanapun berada agar selalu menjadi garam di tanah Papua.

“Mari kita bersama-sama pemerintah Papua dimanapun kita berada turut serta mengambil bagian membangun tanah Papua,” katanya.

Sementara dari Panitia Rudi Sihombing, SH didampingi wakil Sekretaris KMB Provinsi Papua, Drs. Robin J. Sinambela tak lupa menyampaikan terimakasih kepada semua masyarakat Batak di Kota Jayapura, khususnya tua-tua adat yang telah memberi dukungan kepada panitia hingga Mubes bisa berjalan baik, aman dan lancar.

Bahkan berhasil memilih ketua yang KMB Kota Jayapura Ronal Panjaitan.

“Tak ada Gading yang tak retak. Kami sebagai panitia tentu tidak sempurna. Jika ada kesalahan kami tolong dimaafkan,” pungkas Rudi. (Humas KMB Papua)

LEAVE A REPLY