JAYAPURA (PT) – Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM membuka acara Pendampingan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemkot Jayapura di Aula BKPP Kota Jayapura, Rabu (12/9/2018).

Wali Kota Benhur Tomi Mano mengatakan, sistem manajemen harus difokuskan pada birokrasi dalam peningkatan akuntabilitas.

Dikatakan, perbaikan sistem manajemen Pemerintah Kota yang merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi.

Wali Kota BTM berharap baik OPD dan staff yang mengikuti pendampingan SAKIP dapat diterapkan melalui sistem perencanaan, anggaran dan pelaporannya.

Untuk itu, kata Wali Kota BTM, setiap organisasi perangkat daerah wajib mencatat dan melaporkan penggunaan anggaran sesuai dengan kebutuhan.

“Oleh sebab itu, kita jangan berpikir seberapa besar dana yang akan dihabiskan tapi mari kita berpikir berapa besar kinerja yang dihasilkan,“ terangnya.

Kegiatan Pendampingan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ini digelar Bagian Ortal Setda Kota Jayapura.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masing-masing OPD tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” Kata Kabag Ortal Setda Kota Jayapura, Nur Bi Adji saat membacakan laporan.

Nur menjelaskan sistem ini untuk memenuhi kewajiban dan mempertanggunjawabkan berbagai komponen yang merupakan suatu kesatuan.

“Komponen itu terdiri dari perencanaan, pengukuran, pelaporan evaluasi dan capaian kinerja,“ imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY