JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih, Satuan Kerja Peringkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diminta mengoptimalkan sistem pengendalian intern.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP kepada wartawan disela-sela penandatanganan pakta integritas kepala OPD dan komitmen dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik di lingkungan Pemprov Papua di Sasana Karya, Kantor Gubernur, Jayapura, Senin (17/9).

“Penandatanganan Pakta Integritas Kepala OPD dan merupakan upaya membangun komitmen mewujudkan pemerintahan yang lebih baik,” kata Hery Dosinaen.

Penandatanganan dokumen pakta integritas oleh kepala OPD ini, menurut Sekda Hery Dosinaen, adalah wujud pernyataan untuk berkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Tujuan pakta integritas untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkembangkan kejujuran dan memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel. Selain itu, mewujudkan pemerintahan bagi masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggungjawab bermartabat dengan dilandasi oleh nilai luhur budaya bangsa, UUD RI 1945 dan Pancasila,” papar Hery Dosinaen.

Hal ini, imbuh Sekda Hery Dosinaen, terkait dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LAKIP) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

“Diharapkan SKPD agar sistem pengendalian intern dioptimalkan dengan membagi semua tugas kepada bidang agar dapat terakomodir dengan baik,” terangnya.

Senada dengan itu, Inspektur Papua, Anggiat Situmorang mengatakan, Pemprov Papua berupaya mengimplementasikan sistem pengendalian intern yang lebih baik seperti komitmen, kapabalitas dan integritas harus dibangun.

“Harus ada progres untuk menganalisis resiko itu, dalam laporan keuangan menargetkan WTP. Untuk itu, sebagai pemimpin harus memantau semua stafnya yang telah kita capai selama ini harus kita pertahankan dengan baik,” tambahnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY