JAYAPURA (PT) – Kesehatan masyarakat di Kabupaten Mimika masih tergolong rendah, hal tersebut dikarenakan tingkat kesadaran akan kesehatan masyarakat yang masih kurang.

Menyikapi hal itu, Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Kopda Kawang bersama masyarakat melaksanakan pembangunan jamban di Kampung Hangaitji, Jumat (21/9/18).

Sebelumnya Kopda Kawang bersama pemerintah desa dan tokoh masyarakat membahas masalah kesehatan ini sehingga diputuskan untuk membangun jamban di kampung binaannya.

Pembangunan jamban sendiri dilatarbelakangi karena banyak masyarakat yang tidak memiliki MCK yang layak sehingga kebersihan warga kurang terjaga.

Kopda Kawang mengatakan, dalam pembangunan ini akan dibangun 5 unit MCK dan 9 unit tower air yang akan mengairi MCK dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan air warga.

Pembangunan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 85% dan diperkirakan minggu depan seluruh warga bisa menggunakannya.

“Sistem pengisian air pun dilaksanakan dengan menggunakan sumur bor dan sistem tadah hujan, mengingat curah hujan di Kabupaten Mimika cukup tinggi,” ungkapnya.

Sekretaris Kampung Hangaitji, Gerson Uamang menyampaikan terima kasih atas perhatian dan ide positif yang disampaikan oleh Kopda Kawang sehingga pembangunan MCK ini bisa terwujud.

“warga menyampaikan terima kasih karena selama ini Kopda Kawang senantiasa memberikan bantuan kepada warga dalam membangun MCK tersebut sehingga pembangunan dapat berjalan lebih cepat dan lancar,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY