JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin memimpin langsung upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di lapangan apel Mapolda Papua, Senin (1/10) pagi.

Dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema ‘Pancasila sebagai landsan kerja mencapai prestasi bangsa‘ ini, Kapolda Papua Martuani Sormin meminta semua anggotanya untuk selalu peka terhadap kondisi masyarakat, termasuk harus hadir di tengah-tengah masyarakat di berbagai kegiatan.

“Kita tidak peka. Saya lihat ketika saya datang paada acara di Uncen tidak ada anggota bhabinkamtibmas, tetapi yang ada hanya Babinsa, kegiatan kemasyarakatan diminta maupun tidak diminta kita harus hadir.

Padahal, kata Kapolda, tugas kepolisian adalah berupaya untuk menjaga situasi keaman dan ketertiban masyarakat. “Kita disini bicara tentang meniadakan segala bentuk gangguan keamanan, tetapi yang terjadi di lapangan berbeda. Namun, hal-hal kecil di lapangan justru polisi tidak ada, selama kita masih punya mindset atau pola pikir malas tahu, jangan berharap masyarakat percaya sama kita,” tegasnya.

Kapolda menambahkan, maksud dari pergi ibadah pakai pakaian dinas adalah untuk menunjukkan jati diri kita sebagi Polri ini agar kita tidak jauh dari masyarakat sekaligus, kita ingin mendapatkan simpati dari masyarakat.

“Apabila ada personil yang melanggar aturan, saya tidak segan-segan akan menghukum anggota tersebut. Begitupun sebaliknya jika ada personil yang berprestasi para Kasatker juga harus memberikan reward ini agar anggota tersebut menjadi bangga,” pungkasnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY