JAYAPURA (PT) – Setelah sebelumnya Binmas Noken Polri melakukan kegiatan pembuatan kandang babi dan pelatihan implementasi budidaya ternak babi, maka kali ini Binmas Noken Polri bersama Polres Puncak Jaya menyerahkan 30 ekor babi kepada masyarakat Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (18/10).

Program budidaya ternak babi ini merupakan perintah langsung dari Kapolri untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya khususnya di 3 kampung yang menjadi prioritas utama, yakni Kampung Pagaleme, Distrik Pagaleme, Kampung Trikora, Distrik Mulia dan Kampung Kulirik, Distrik Muara.

Masing-masing kampung mendapatkan 10 ekor babi untuk dibudidayakan. Tidak hanya memberikan 30 ekor babi, namun Binmas Noken Polri juga telah menyediakan kandang serta memberikan pakan babi serta mesin jap untuk mendukung budidaya peternakan babi itu.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto, SIK bersama Kepala Posko Binmas Noken Polri AKBP Asep I Rosadi, SIK MAp yang menyerahkan secara simbolis pemberian babi kepada 3 perwakilan kampung.

Kapolres Ary Purwanto mengatakan, dengan diserahkannya babi ini pertanda bahwa budidaya babi ini dimulai. Ia berharap kepada masyarakat agar bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh, sehingga ke depan ternak babi ini dapat berkembang menjadi besar.

“Kami akan terus memantau dan melakukan pengecekan terhadap 3 kampung ini dan jika ada kendala-kendala tentang peternakan babi ini, segera sampaikan kepada kami untuk kami tindaklanjuti agar nantinya program ini terus berlanjut kedepannya,” ujar Kapolres Ary Purwanto.

Kepala Kampung Trikora, Mire Enumbi, mewakili tiga kampung itu, menyampaikan terima kasih kepada Polres Puncak Jaya dan Satgas Binmas Noken yang telah peduli kepada masyarakat Kabupaten Puncak Jaya khususnya masyarakat kampung Trikora dengan melakukan kegiatan budidaya ternak babi.

“Ke depan, saya akan memerintahkan masyarakat saya agar tekun dalam melaksanakan budidaya ternak babi ini,” kata Mire Enumbi. (jul/rm)

LEAVE A REPLY