JAYAPURA (PT) – Bupati Mappi, Cristosimus Y. Agawemu secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 1707/Merauke di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi, Kamis (18/10).

Dengan mengusung tema ‘TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokrasi‘ ini, diawali dengan upacara dengan inspektur upacara Bupati Cristosimus Agawemu dan komandan upacara Kapten Inf Herman Purba dan selaku Danki Satgas TMMD dengan Perwira Upacara Danramil 1707-07/Kepi Kapten Inf Surian.

Dalam sambutannya, Bupati Cristosimus Agawemu, mengatakan, pelaksanaan TMMD ke 103 tahun 2018 sesungguhnya adalah kepedulian Pemerintah Daerah dan TNI untuk masyarakat dalam menyediakan tempat tinggal yang layak huni.

“Harapan kami ke depan dana ADD dapat digunakan untuk membangun rumah dan sarana prasarana lain sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Atas nama Pemkab Mappi, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI dalam pembangunan rumah saat ini dan kami akan berkoordinasi dengan TNI untuk membuat karya bakti yang berskala besar di seluruh distrik yang ada di wilayah Mappi,” kata Bupati Cristosimus Agamewu.

Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat terutama yang ada di Kampung Bifo untuk bersama-sama menjaga tenaga pendidik yang dikirim pemerintah daerah, dengan tujuan untuk mendidik anak-anak karena mereka sebagai generasi penerus harus memiliki pengetahuan yang luas sepeti yang ada di daerah-daerah lain.

Sedangkan, dalam pembersihan kampung maupun di kali, Bupati mengimbau kepada semua masyarakat agar jangan selalu berharap kepada Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dana, akan tetapi harus dimulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan agar selalu lancar karena semua itu untuk masyarakat sendiri.

Selain itu, saat ditemui usai upacara pembukaan TMMD ke 103 Kodim 1707/Merauke, Mika Tagi yang merupakan salah satu warga Kampung Bifo yang rumahnya akan dibangun dalam program TMMD kali ini mengatakan ia bersama keluarganya dari dulu hingga sekarang tinggal dirumah yang terbuat dari batang kayu dan beratapkan anyaman daun sagu, sehingga pada saat musim hujan atap bocor dan dalam rumah menjadi basah.

”Saya merasa senang dan bangga sekali dengan adanya program TMMD seperti ini, karena nantinya saya akan tinggal di rumah yang berlantaikan cor semen, berdinding batu dan kayu serta beratapkan seng, sehingga pada musim penghujan tiba atap rumah sudah tidak bocor lagi,” kata Mika Tagi sambil tersenyum.

Usai upacara pembukaan, Bupati Cristosimus Agamewu melakukan peletakan batu pertama dimulainya program pembangunan rumah melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 1707/Merauke Tahun Anggaran 2018 di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi.

“Dengan dibangunnya rumah yang layak huni bagi masyarakat Kampung Bifo ini diharapkan dapat memotivasi mereka agar lebih baik lagi dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) yang didapat setiap tahunnya,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY