JAYAPURA (PT) – Acara lepas sambut Dandim 1701/Jayapura dari pejabat sebelumnya, Letkol INf Nova Ismailiyanto kepada pejabat yang baru, Letkol INf Johanis Parinussa digelar di aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (25/10).

Acara lepas sambut Dandim 1701/Jayapura itu, dihadiri langsung oleh Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Bupati Keerom, Muh Markum bersama Forkompinda, Ketua TP PKK Kota Jayapura, pimpinan OPD dan tokoh masyarakat.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano sempat memberikan cinderamata kepada kepada Letkol Inf Nova Ismailiyanto SIP pada acara itu.

Wali Kota yang akrab disapa BTM ini mengatakan, jika Kota Jayapura merupakan kota yang masyarakatnya heterogen dan punya daerah perbatasan yang membutuhkan pengawasan teritorial, termasuk Keerom dan Jayapura.

Hanya saja, Kota Jayapura dan Keerom berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG), sehingga menjadi hal utama untuk menjaga batas teritorial negara tersebut.

“Dulu perbatasan sangat ditakuti orang dan sekarang daerah perbatasan menjadi tempat wisata,“ kata Wali Kota BTM.

Untuk itu, dalam lepas sambut Dandim 1701/Jayapura itu, Wali Kota BTM berharap agar perlu ditingkatkan komunikasi, koordinasi dan komitmen sebagai anggota Forkompinda Kota Jayapura.

“Saya mewakili Forkompimda mengajak seluruh lapisan forkompimda kota marilah kita komunikasi, koordinasi dan komitmen bersama bahwa kota Jayapura adalah bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekali merah putih merah putih sekali NKRI, tetap NKRI,“ tegasnya.

Wali Kota BTM mengaku jika ia telah membangun 13 pos TNI dan Polri Terpadu di wilayah Kota Jayapura. Untuk itu, BTM menyampaikan selamat bergabung kepada Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Johanis Parinussa dengan Forkompinda Kota Jayapura untuk mengamankan rakyat ini sebagai pagar dan bekerja sesuai dengan moto satu hati membangun kota untuk kemuliaan Tuhan.
Sementara itu, Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Yohanes Parinussa mengakui kehadirannya di Kota Jayapura itu, atas kemurahan Tuhan.

“Saya akan lakukan tugas sebagai Dandim 1701/Jayapura yang membawahi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom. Saya akan melanjutkan apa yang telah dilakukan Letkol Inf Nova Ismailiyanto, yang terbaik bagi rakyat dan terbaik untuk TNI dalam bekerja sama di berbagai bidang,“ katanya.

Ia berharap dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan tugas sebagai Dandim 1701/Jayapura, sekaligus mendukung Pangdam XVII/Cenderawasih dan Danrem 172/PWY.

“Kami mengharapkan kehadiran kami di sini menjadi solusi bukan menjadi masalah,” pungkasnya.

Sementara itu, Letkol Inf Nova Ismailiyanto mengakui jika ia telah bertugas sebagai Dandim 1701/Jayapura selama 1 tahun 7 bulan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura atas dukungannya selama mengabdi di Tanah Papua, termasuk Bupati Jayapura dan Keerom, yang selama ini memberikan pikiran, bahkan tidak segan memberikan kritikan dan masukan kepada kami, sehingga menguatkan kami dalam melaksanakan tugas,“ katanya.

Letkol Nova juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom yang dengan ketulusan dan kebersamaan bekerja sama di setiap momen menjadikan keyakinan bawa tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan.

“Ini menjadi bekal sikap mental bagaimana berpikir bertindak, tidak untuk diri sendiri, namun lebih mementingkan kepentingan rakyat di tiga wilayah itu,“ imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY