JAYAPURA (PT) – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Papua telah mendistribusikan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp 2,5 miliar di Kabupaten Mappi. UPK yang didistribusikan mulai pecahan Rp 1.000 hingga Rp 20.000.

Penyelia Perkasan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Papua, Nurkolis mengatakan, pendistribusian UPK untuk menjaga tingkat kelayakan uang yang beredar di masyarakat.

Untuk menjangkau Kabupaten Mappi, pihaknya menggunakan pesawat dari Jayapura melalui jalur Merauke selama kurang lebih satu jam.

“Dari Merauke, perjalanan dilanjutkan menggunakan pesawat jenis Twin Otter berukuran kecil menuju Mappi dengan waktu tempu satu jam, “kata Nurkolis.

Ditambahkan, secara geografis letak Papua berbatasan dengan negara Papua New Guinea (PNG) sehingga menjaga citra Negara dan sekaligus menjadikan rupiah sebagai alat pembayaran yang berkualitas, terpercaya dan diterima masyarakat.

Sementara itu, Manager Fungsi Analisis Sistem Pembayaran Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Gariska menambahkan, melalui program BI Jangkau, pihaknya berkomitmen memperlancar jalur distribusi guna percepatan penarikan Uang Tidak Layak Edar (UTLE).

“Sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan rupiah sampai ke tingkat kecamatan dalam jumlah nominal yang cukup, pecahan yang sesuai dan tepat waktu serta dalam kondisi yang layak edar,“ imbuhnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY