JAYAPURA (PT) – Satgas Binmas Noken Polri terus berupaya mendampingi warga masyarakat terutama para petani untuk terus melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin terhadap spot lahan pertanian di daerah SP 4, Kelurahan Wonosari Jaya, Kabupaten Mimika.

Seperti Senin (29/10), anggota Satgas Binmas Noken Polri mengajak warga melakukan perawatan secara rutin, sekaligus pendampingan serta memberikan penyuluhan kepada para petani agar dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas ketika dipanen.

Dalam kegiatan itu, Perwakilan Unit Pertanian Satgas Binmas Noken Polri, Aiptu Gatot dan Bripka Suradjiyanto melakukan pendampingan kepada kelompok tani yang diketuai Musa Onawame dan warga masyarakat lainnya yang merupakan masyarakat asli di sekitar lokasi lahan pertanian.

Kegiatan itu meliputi pembersihan atau penyiangan rumput, pencegahan hama melalui penyemprotan dan pengecekan tanaman.

Aiptu Gatot mengatakan, untuk luas spot pertanian Binmas Noken di daerah SP 4 sendiri kurang lebih seluas 1 hektare yang ditanami tanaman terong, pare dan cabai serta beberapa kali sudah dipanen.

“Tujuan dari program pertanian Binmas Noken itu sendiri yang utama adalah membina dan melatih khususnya kepada Orang Asli Papua (OAP) agar mereka dapat hidup mandiri dan memiliki kemampuan serta pengetahuan tentang bercocok tanam, sehingga bisa mengangkat kesejahteraan mereka,” katanya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY