JAYAPURA (PT) – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, SIP mengunjungi Distrik Sentani Kabupaten Jayapura untuk silaturahmi ke rumah Alm. Theys Hiyo Eluay, Senin (6/11).

Pangdam YP Sembiring didampingi Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih, Kapendam XVII/Cenderawasih, Dandenintel Kodam XVII/Cenderawasih, Kepala Kampung Distrik Sentani, Kepala Suku Amos Ondy, Karlosa Assa Kepala Suku Assa, Kepala Kampung Sereh dan para Ondoafi wilayah Sentani.

Dalam kunjungannya, Pangdam YP Sembiring disambut baik oleh keluarga Theys yang diwakili oleh anaknya Yanto Eluay. Kunjungan silaturahminya Pangdam XVII/Cenderawasih ini sebagai wujud penghormatan kepada masyarakat Papua.

Dalam pertemuan itu, Pangdam menyampaikan keunikan Tanah Papua merupakan tanah yang diberkati Tuhan dimana tanahnya subur dan indah.

“Untuk itu, harus dikelola dengan baik. Untuk mengelola hal itu tentu harus ada jaminan keamanan, sehingga kekayaan alam Papua bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Pangdam.

Pangdam YP Sembiring mengajak masyarakat dan pemuda agar tidak mengkonsumsi miras, dimana saat ini sudah banyak yang menjadi korban akibat miras baik anak-anak sampai orang dewasa.

“Perlu dimulai dari sekarang untuk menjauhi miras dan narkoba. Barang itu tidak ada manfaatnya, justru sebaliknya hanya kerugian dan penyesalan dikemudian hari,” terang Pangdam.

Sementara itu, berkaitan dengan penerimaan calon Tamtama TNI, Pangdam YP Sembiring menjelaskan, hal ini sebagai upaya mewujudkan keinginan orang asli Papua yang ingin menjadi anggota TNI. Khususnya TNI AD telah memberi kesempatan kepada Orang Asli Papua yang ingin mengabdikan kepada bangsa dan negara melalui TNI AD.

Namun, dalam seleksi itu harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Hal ini di sampaikan Pangdam ketika menjawab pertayaan dari salah satu ketua suku yang anakya tidak lulus tes.

“Apabila ada yang tidak lulus, lalu saya luluskan kembali, tapi tidak memenuhi syarat, maka saya akan berdosa dan bersikap tidak adil. Selain itu, saya sudah siapkan ruangan konsultasi untuk menyampaikan ketidakpuasan dalam tes dan jika masih kurang, maka orang tua dapat langsung menghadap Panglima,” imbuh Pangdam. (jul/rm)

LEAVE A REPLY