TOLIKARA (PT) – Pemkab Tolikara memperigati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun di gelar di lapangan apel Kantor Bupati Tolikara di Gurikme, Kabupaten Karubaga Senin (12/11).

Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE, MSi didampingi Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo, SH, MH memimpin peringatan HKN itu ikuti seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) Tolikara.

Dalam sambutannya, Bupati Usman Wanimbo mengatakan, peringatan HKN ke 54 ini, merupakan momentum untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tolikara.

Hal itu terwujud jika seluruh komponen bangsa berperan serta dalam upaya mengubah pola hidup yang sehat dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya hidup sehat.

Dikatakan, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko widodo yang menjadi Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No. 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Harus diakui bahwa kita masih menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan kesehatan di daerah Tolikara khususnya, dimana masih tingginya penyakit menular dan tidak menular,“ kata Bupati Wanimbo.

Bupati Wanimbo mengingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan dan semua pihak mampu meningkatkan perilaku hidup sehat melalui sosialisasi yang kontinyu sesuai dengan potensi yang ada di tempat-tempat pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Pustu dan Rumah Sakit Umum Daerah dan melalui akses umum lainnya.

Apalagi, kata Bupati Wanimbo, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran di bidang kesehatan cukup besar sehingga besar juga harapan pemerintah agar permasalahan kesehatan itu dapat terselesaikan dengan baik.

“Para tenaga kesehatan harus menjadikan peringatan HKN sebagai momentum merefleksikan atau meninjau kembali bagian mana yang perlu dilakukan pembenahan dan perbaikan untuk mewujudkan pola hidup masyarakat yang sehat,“ ujarnya.

Bupati Wanimbo menekankan untuk menjalin sinergitas lintas sektor dan lintas program untuk mendorong upaya perilaku hidup sehat masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tolikara, Ronal Panjaitan menambahkan, jika semua program yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan itu yang menjadi acuan pihaknya.

“Saat ini program unggulan Pemkab Tolikara adalah 1.000 Hari Pertama Kehidupan terus dikembangkan dan ditingkatkan di daerah-daerah, di samping itu ada program serupa VCT Mobile melayani penyakit menular dan tidak menular dengan mengkampanyekan pentingnya pola hidup sehat,“ jelasnya.

Ditambahkan, selama ini Tolikara belum pernah menemukan anak gizi buruk, baik di kota maupun di pelosok-pelosok Tolikara.

“Keadaan ini menunjukkan kesadaran masyarakat pola hidup sehat berjalan dengan baik,kondisi ini patut ditingkatkan dan perekonomian masyarakat sangat meningkat sehingga tingkat kesejahteraan keluarga meningkat,“ imbuhnya. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY