JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura berkomitmen untuk meningkatkan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) mencapai level 3.

Hal itu ditegaskan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM dalam acara Workshop Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian SPIP di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura yang berlangsung di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (13/11).

Untuk itu, kata Wawali Rustan Sarru, diperlukan peningkatan kinerja pemerintahan, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan daerah.

“Kebijakan, regulasi, transparansi dan akuntabilitas itu, Pemerintah Kota Jayapura berkomitmen memperkuat maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) harus mencapai level 3,“ kata Rustan Sarru.

Hal itu, lanjut Wawali Rustan Sarru, agar akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semakin lebih baik, bahkan sebagai laporan pertanggungjawaban materiil administrasi perolehan predikat opini WTP selama lima kali berturut-turut.

Rustan Berharap kegiatan ini tidak sekedar sosialisasi dan memahami, namun perlu mengenali unsur-unsur SPIP tersebut.

Selain itu, dapat menyusun dokumen rencana tindak pengendalian terutama terhadap resiko-resiko yang dihadapi OPD.

“Selain meningkatkan prestasi kinerja OPD, para staf juga merasa aman terhindar dari proses hukum,“ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua, Sueb Cahyadi menambahkan, prinsip umum yang harus diperhatikan dalam menerapkan SPIP yakni sistem pengendalian intern sebagai proses yang integral dan sistem pengendalian intern dipengaruhi oleh manusia pengendali.

“Pada intinya adalah membangun kesadaran manusia untuk selalu sadar diri, memperbaiki kesalahan dan melakukan inovasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Sueb Cahyadi mengapresiasi Wali Kota Jayapura bersama Wakil Wali Kota Jayapura, DPRD dan jajaran Pemkot Jayapura atas penerapan SPIP dengan baik.

Sebab, imbuhnya, pemerintahan yang telah menerapkan SPIP dengan baik dan konsisten akan lebih transparan dan akuntabel sehingga kesejahteraan dengan cepat akan terwujud bagi rakyatnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY