JAYAPURA (PT) – Kodim 1709/Yawa terus berupaya mendorong dan meningkatkan minat baca anak-anak di wilayah teritorialnya. Bahkan, Kodim 1709/Yawa ini, berupaya menjadikan membaca sebagai kebiasaan bagi anak-anak.

Sebab, kegemaran membaca memberikan dampak yang positif untuk orang tersebut. Karena minat baca yang sangat tinggi menjadikan minat belajarnya pun juga tinggi dan membuat orang tersebut memiliki wawasan yang luas.

Hal itu yang menjadikan anggota Kodim 1709/Yawa Serda Edi Sugianto selaku pengurus Perpustakaan Silas Papare Kodim 1709/Yawa, dengan Perpustakaan Kelilingnya berupaya untuk meningkatkan minat membaca kepada masyarakat, khususnya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang berada Kampung yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (29/11).

Kali ini, giliran Kampung Kainui, Distrik Angkaisera yang dijadikan target oleh Serda Edi untuk menyebarkan wabah budaya membaca kepada masyarakat dan juga anak-anak dengan persediaan buku-buku yang tentunya sangat menarik dan menggugah untuk dibaca isinya, baik untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan.

Perpustakaan Keliling Silas Papare ini menyediakan buku-buku yang beragam dari segala edisi yang ada terutama bagi anak-anak. Sebagaimana kita ketahui, bahwa memupuk minat baca pada usia dini dapat menghasilkan budaya baca yang konsisten dan beragam dikarenakan rasa ingin tau anak-anak yang tinggi.

“Oleh karena itu Kodim 1709/Yawa menyediakan sarana berupa perpusling/perpustakaan keliling ini agar mampu menjangkau ke kampung-kampung terpencil, sehingga wabah budaya membaca ini pun bisa menyebar dimana-mana,” ujar Serda Edi.

Dikatakan, tak hanya menyediakan buku-buku bacaan saja, akan tetapi melalui perpusling ini juga, Serda Edi acap kali memberikan kuis dengan hadiah gembira kepada anak-anak. Yang pertanyaannya pun terkadang diambil dari buku-buku bacaan yang sudah mereka baca, untuk mengetahui sudah sejauh mana wawasan mereka bertambah melalui hadirnya Perpustakaan Keliling ini.

Sementara itu, Maryana yang merupakan orang tua dari Yunius mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota kodim 1709/Yawa yang sudah datang ke kampungnya untuk memberikan wawasan dan budaya membaca kepada anak-anak mereka.

“Saya mewakili ibu-ibu yang lain berharap kegiatan seperti ini agar dilakukan secara berkelanjutan supaya budaya membaca bisa tertanam pada anak-anak kami,” kata Maryana. (jul/rm)

LEAVE A REPLY