JAYAPURA (PT) – Atlet tinju Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) peraih medali pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) dan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju se Papua diguyur bonus oleh Bupati Mamteng, Ham Ricky Pagawak, Kamis (13/12) kemarin.

Sebab, Kabupaten Mamberamo Tengah sukses menjadi Juara Umum II Popprov Tinju, setelah menyabet 9 medali, diantaranya 3 medali emas diraih Ronald Haurissa, Alvin Samejian, Tina Warorowai, sedangkan 2 medali perak atas nama Dioz Renwarin dan Liria Uaga dan 4 medali perunggu diraih Desta Renwarin, Adriano Sano, Kevin, dan Katerina.

Sedangkan, untuk Kejurda, Mamberamo Tengah sukses menjadi Juara Umum II se Papua, dengan menyabet 10 medali, diantaranya 4 medali emas diraih Jeff Pattinama, Rocky Yamco, Yusulina Matubai dan Selly Wanimbo, sedangkan 3 medali perak diraih Agus Pattipeilohi, Tina Wambrauw dan Agus Gebze.

Untuk 3 medali perunggu berhasil diraih oleh Yahya Doom, Mathias Batfutu dan Merlin Pulalo.

Bukan hanya meraih juara umum kedua pada dua event olahraga Nasional, dua atlet Mamteng dinobatkan sebagai petinju terbaik senior putra/putri atas nama Jeet Pattinama, dan Yusulina Matubai.

Bupati Mamberamo Tengah, Ham Pagawak memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tim tinju Mamteng dalam keikutsertaan dua event itu, mengingat kepengurusan Pertina baru berjalan sebulan dilantik, tetapi dapat mencapai prestasi membanggakan.

“Baru terbentuk Pertina Mamteng satu bulan, tapi mereka bisa menorehkan prestasi di Popprov dan Kejurda. Saya sangat berterima kasih kepada pengurus, pelatih, atlet bisa membawa harum Mamteng, meski sebelumnya kami belum fasilitasi, ini hasil luar biasa sekali,” ujarnya.

Menurut Bupati Ham, prestasi gemilang itu membuktikan bahwa Papua membutuhkan atlet dari Mamberamo Tengah dalam mempersiapkan diri menuju sukses prestasi Popnas maupun PON 2020.

Bupati Ham Pagawak berharap 4 atlet yang tengah dipersiapkan dapat terus berprestasi mengangkat nama Papua dikancah Nasional bahkan Internasional.

“Dengan keterbatasan fasilitas bisa membuahkan hasil luar biasa, jadi pemerintah daerah siap untuk pembinaan olahraga generasi muda di daerah, karena ini hal positif yang kami lihat. Dan di sini lah dari mereka generasi muda bisa membawa prestasi gemilang untuk Papua dan masyarakat Papua,” jelasnya.

Ia meminta para atlet berprestasi tidak perlu khawatir, pasalnya pemerintah daerah dipastikan akan mendukung dan mensupport semua kegiatan tinju di Kabupaten Mamteng. Bahkan, menanggapi masih minimnya fasilitas pendukung latihan, pemerintah siap menyiapkan peralatan pendukung latihan agar sukses prestasi dan pembinaan selalu berjalan ke depannya.

“Pemerintah akan fasilitasi dan menyiapkannya dalam waktu dekat. Kita juga akan terus mencari bibit untuk Mamteng, agar ada aset kita ke depannya,” ujarnya.

Ketua Bidang Prestasi Pengkab Pertina Mamteng, Carol Renwarin menambahkan, petinju berprestasi ini akan disiapkan ikut kembali pada Popprov ke II di Kabupaten Jayapura, bahkan sebanyak 5 atlet Mamteng dipersiapkan masuk tim Tinju Popnas Papua tahun 2019.

Disinggung fasilitas dalam mempersiapkan para atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua, Carol menambahkan, jika atlet dari Mamteng memiliki potensi dan berbakat menjadi petinju Papua, hanya saja atlet memerlukan samsak tinju ditambah, sarung tinju dan punch mitt.

“Meski minim kita tetap siap membentuk atlet berprestasi untuk Mamteng, terlebih PON 2020. Karena tinju latihan bisa dimana saja. Para tinju siap membela nama Mamteng, masuk tim PON ada 4 atlet dari Mamteng, ada dua putri yang saya sudah siapkan untuk TC PON,” katanya.

Sementara itu, Pelatih Tinju Apolos Kurni mengharapkan adanya ring tinju harus disiapkan oleh Kabupaten Mamberamo Tengah, pasalnya itu merupakan jati diri dari seorang petinju professional.

“Pak Bupati yang juga ketua Pertina Mamteng dapat segera realisasikan ring tinju buat atlet kita ini karena mereka ini perlu itu supaya berlatih lebih siap lagi,” harapnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY