JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi, menilai jika program e-Waroeng sudah sangat efektif diterapkan di Kota Jayapura.

Untuk itu, kata Kadinsos Irawadi, dalam menunjang program ini Dinas Sosial Kota bekerjasama dengan perbankan yakni melalui Bank BNI dalam sistem pengelolaannya.

“Awalnya kelompok ini kita namakan kelompok usaha bersama (kube), namun ketika kita libatkan Bank BNI maka ada kesepakatan bersama sehingga keputusannya dari pihak Bank yang merangkul semua menjadi agennya,” kata Irawadi di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (13/12).

Kadinsos Irawadi menjelaskan, agen yang tercatat dalam program itu, berjumlah 62 orang dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik program ini, karena sangat membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

“Selain program e-Waroeng, kami mempunyai satu program namanya program keluarga harapan, yang sudah berjalan optimal dan ada peningkatan jumlah penerima program,” katanya.

Bahkan, kata Kadinsos Irawadi, tercatat pada Desember 2018 ada peningkatan penerima sebanyak dua kali, dimana pada bulan April 2018 hanya 5.000 orang, namun kini sudah naik menjadi 8.000 orang.

“Penerima bantuan ini harus memenuhi syarat, dimana harus benar-benar orang tidak mampu dan memiliki anak usia sekolah. Inti kedua program e-Waroeng dan program keluarga harapan sudah berjalan dengan baik di Kota Jayapura,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY