JAYAPURA (PT) – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Papua melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan stabilitas dan ketersediaan pasokan bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), terutama Natal tahun 2018.

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto mengatakan, hasil pantauan harga bahan pokok (bapok) di Provinsi Papua terkendali.

“Pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2018 dan tahun baru 2019. Pemerintah akan terus memastikan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan dalam menghadapi HKBN,“ jelasnya.

Suhanto menegaskan, pemerintah tetap perlu menempuh 3 langkah antisipatif untuk menghadapi momen itu, diantaranya mengindentifikasi ketersediaan pasokan dan memantau harga secara nasional di masing-masing daerah.

Mengindentifikasi kesiapan instansi dan pelaku usaha untuk menghindari kekurangan stok dan gangguan distribusi, serta meningkatkan pengawasan barang beredar agar masyarakat terhindar dari barang kedaluwarsa.

“Selain itu, barang impor yang tidak aman dikonsumsi atau digunakan,“ ujarnya.

Suhanto mengimbau kepada pelaku usaha agar tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi. (ria/rm)

LEAVE A REPLY