JAYAPURA (PT) – Tokoh agama Papua menobatkan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin sebagi Tokoh Moderasi Nasional.

Pemberian penghargaan dan penobatan tokoh moderasi nasional ini diberikan tokoh-tokoh agama di Papua yang tergabung Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) saat peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Jumat (14/12).

“Hari ini kami nobatkan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, menjadi Tokoh Moderasi Nasional, karena dapat merangkul seluruh umat beragama di Indonesia,” kata Ketua FKUB Papua, Pdt. Lipyus Biniluk, MTh di Jayapura, Jumat (14/12).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Amsal Yowe, mengatakan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin telah melakukan hal-hal positif dan nyata bagi umat beragama di Papua, sehingga para pemuka agama di Papua menobatkan sebagai Tokoh Moderasi Keagamaan seluruh Indonesia yang dimulai dari Tanah Papua.

“Saya yakin dan percaya apa yang kita buat hari ini tentu disaksikan manusia dan Tuhan Yang Maha Kuasa apa yang kita lakukan untuk membangun Papua dan kehidupan beragama,” kata Amsal.

Sementara itu, Menteri Agama Republik Indonesia, H. Lukman Hakim Saifuddin, mengaku sangat bersyukur atas penobatan sebagai Tokoh Moderasi antar umat beragama.

Namun, kata Lukman Hakim, gelar tokoh moderasi itu seharusnya lebih layak diberikan kepada seluruh tokoh -tokoh agama yang ada.

“Penobatan ini seharusnya diapresiasi kepada seluruh jajaran ASN Kementrian Agama Provinsi Papua, karena saya dan seluruh ASN Kementrian Agama hanya melayani yang umat beragama, agar kualitas kehidupan keagamaan dari waktu ke waktu terus meningkat,” kata Lukman Hakim.

Sekali lagi, kata Lukman, penobatan itu hakekatnya diberikan kepada seluruh tokoh agama dan ASN yang ada diseluruh Kementrian Agama Papua, sehingga kualitas kerukunan umat beragama pun di Papua terus meningkat ditiap waktu. (ing/rm)

LEAVE A REPLY