JAYAPURA (PT) – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Republik Indonesia – Papua New Guinea (RI-PNG) di Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Selasa (18/12).

Kunjungan kerja pertama kalinya itu disambut oleh Kepala Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Yan Z. Numberi dengan adat Saireri yakni melakukan ritual injak piring sebelum melanjutkan peninjauan dalam gedung PLBN dan Pasar Perbatasan Skouw.

Yan Z. Numberi mengatakan, ritual yang dijalankan Menteri Sri Mulyani terkait kunjungan kerja itu, adalah budaya yang diberikan kepada pembesar atau pejabat tinggi negara yang datang ke daerah Ambai, Kabupaten Kepulauan Yapen selalu diadatkan budaya ritual itu, untuk menghargai atau penghormatan kepada mereka yang baru menginjakkan kaki di wilayah itu.

“Budaya ini saya buat turun temurun, kami memberi gelar kepada Menteri Sri Mulyani yakni Wiwin Kaurah yang artinya Perempuan Bangsawan yang dianggap luar biasa, terbaik dan memberikan sesuatu kepada kami,“ jelas Yan.

Seperti diketahui, Menteri Sri Mulyani dalam kunjungan kerjanya di wilayah perbatasan RI-PNG untuk meninjau instansi vertikal Kementerian Keuangan yang ada di wilayah itu, yakni Bea Cukai.

Sebelum meninjau kantor tersebut, Menteri Sri Mulyani berkesempatan melihat langsung kondisi Pasar Perbatasan Skouw. (ria/rm)

LEAVE A REPLY