JAYAPURA (PT) – Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan, dalam tahun anggaran baru ini pihaknya akan fokus pada kegiatan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang.

Untuk itu dalam kegiatan PON ke XX di Bumi Cenderawaih ini, pihaknya meminta kepada setiap SKPD untuk ikut mengawal kegiatan PON.

“Ini tinggal satu tahun, sehingga ini tidak bisa dianggap remeh dan main-main. Jadi harus fokus pada kegiatan PON,” kata Thomas Sondegau kepada Wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/1).

Bahkan, kata Thomas, DPR Papua akan membentuk Pansus (Panitia Khusus) PON, sehingga ini betul-betul pengawalan dimulai dari sekarang.

“Kita akan ketat, baik dalam pembahasannya dan anggarannya. Sehingga kegiatan-kegiatan baik itu fisik dan non fisik yang selama ini dikerjakan oleh pihak eksekutif. Dalam hal ini dinas PU dan pemuda dan olahraga,” ujarnya.

Meskipun Pansus PON DPR Papua sudah dibentuk, namun pihaknya (DPRP) tetap akan mengawal kegiatan PON 2020.

“Jadi kami DPR Papua tetap akan mengawal dengan terbentuknya Pansus ini. Kegiatan-kegiatan yang sudah di bagi kepada lima wilayah ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Lima wilayah itu, kata Thomas, masing-masing, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Wamena, Merauke, Timika dan Biak.

“Karena ini tinggal satu tahun, jadi harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan itu semua,” ucapnya.

Menurutnya, walaupun kegiatan seperti itu, tapi tetap banyak memakan anggaran, sehingga pihaknya akan fokus untuk membangun dulu.

“Seperti GOR Cenderawasih itu tinggal peningkatan jadi didalam itu harus dibenahi, GOR Waringin kita benahi, GOR di kabupaten Jayapura juga kita benahi,” imbuhnya.

Bahkan dalam akhir tahun ini atau di pertengahan, di lapangan Mandala itu sudah diresmikan oleh gubernur karena kegiatan sudah selesai tinggal hanya isi-isinya berapa.

“Misalnya disana membutuhkan dana dengan hampir Rp. 60 miliar itu sudah selesai tahun anggaran ini dan kita sudah alokasikan,” katanya.

Dikatakan, ketika itu sudah selesai semua, maka DPR Papua betul-betul melakukan pengawasan penuh dan fokus untuk kegiatan PON.

“Jangan sampai ada orang yang berkomentar dan mengatakan bahwa pemerintah daerah ini hanya bicara saja tidak ada realisasi, padahal kita sudah bangun banyak hal,” tutup Thomas Sondegau. (ara/rm)

LEAVE A REPLY