JAYAPURA (PT) – Anggota Komisi V DPR Papua, Bobirius Jikwa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, khususnya Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom yang tengah melakukan terobosan hebat sehingga dana Otonomi Khusus (Otsus) dapat dinikmati langsung oleh rakyatnya.

“Saya apresiasi Bupati bersama jajarannya dan DPRD Lanny Jaya yang mana telah mengambil kebijakan mengelola Dana Otonomi khusus (Otsus) dengan baik dan kebijakan tersebut lansung dirasakan oleh masyarakat,” kata Bobirus Jikwa kepada awak media di ruang kerjanya Komisi V DPR Papua, Rabu (17/1).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku saat melakukan reses ke Lanny Jaya, masyarakat menyambut antusias dengan kebijakan Bupati Lanny Jaya tersebut.

Apalagi, kata Bobirus Jikwa, hasil dari dana Otsus itu, Pemkab Lanny Jaya membuat program bantuan lansung kepada rakyat ekonomi lemah, dalam artinya kepada masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya.

Bahkan, program itu sudah disepakati bersama DPRD Lanny Jaya dengan regulasi berupa peraturan daerah (perda) seiring akan berakhirnya dana Otsus.

“Kemarin saat melakukan reses di Kampung Ayapoka, Distrik Kayu, 30 Desember 2019, saya sendiri didaulat untuk menyerahkan bantuan uang tunai itu secara simbolis kepada masyarakat,” kata Bobirus Jikwa.

Dijelaskan, cara pembagiannya dana itu, seluruh kampung berkumpul di distrik, kemudian dibagi secara terbuka dana yang diberikan ke masing-masing kampung, namun besarannya tentu bervariasi tergantung dari jumlah KK.

“Namun yang jelas, setiap KK memperoleh Rp 1 juta per bulan dan penyerahannya tiap triwulan sekali atau Rp 12 juta setahun,” jelasnya.

Bahkan, kata Bobirius, sebagai anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Jayawijaya dan Nduga ini, merasa sangat kagum dengan kebijakan itu, sebab dana Otsus itu langsung dinikmati oleh masyarakat Lanny Jaya.

Ia berharap dana yang sudah dibagikan masyarakat dapat dipergunakan sebaik-baiknya, terutama dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, termasuk biaya pendidikan anak-anak baik di daerah itu maupun yang sekolah di luar Lanny Jaya.

Bobirus Jikwa berharap program yang telah dilakukan Bupati Lanny Jaya itu, bisa dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya di Papua, agar benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

“Karena itu sudah jadi perda, maka ke depan jika ada pergantian kepala daerah, program itu harus terus dijalankan, karena lewat program itu, rakyat bisa sejahtera,” pungkasnya.(ara/rm)

LEAVE A REPLY