JAYAPURA (PT) – Plt Sekda Kota Jayapura, DR Frans Pekey, MSi menilai jika adanya pembuangan limbah pasar dan rumah tangga oleh masyarakat, bisa mengakibatkan Teluk Youtefa pada tahap yang membahayakan, dimana teluk tersebut sudah tercemar oleh limbah yang dihasilkan oleh Pasar Youtefa maupun limbah rumah tangga dari masyarakat.

“Pemkot Jayapura berencana akan memindahkan pasar tersebut di belakang kantor MRP agar Teluk Youtefa tidak tercemar lebih jauh lagi,” kata Frans Pekey saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Dikatakan, selama ini limbah hasil produksi Pasar Youtefa langsung dibuang ke Teluk Youtefa dan hal ini tidak boleh terjadi lagi. Pemkot berencana mengembalikan fungsi Teluk Youtefa sebagaimana mestinya.

“Air yang masuk ke Teluk, harus betul-betul air yang sudah tersaring dan bebas dari limbah,” tandasnya.

Diakui, saat ini Teluk Youtefa sudah sangat rusak dan Pemerintah tidak ingin teluk tersebut lebih rusak lagi.

Berbagai upaya sudah dilakukan, seperti membuat jaring pengaman disekitar Kali Acay, namun hal tersebut belum cukup.

“Saya berharap masyarakat sekitar, untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah pada Kali Acay. Ada yang beranggapan bahwa Kali Acay tempat sampah, pikiran seperti ini harus dihilangkan karena itu salah,” tandasnya lagi.

Apalagi, imbuh Frans Pekey, di saat musim penghujan sebagian warga membuang sampah di Kali Acay sehingga menjadi penumpukan sampah yang berakibat Teluk Youtefa bisa tercemar, bahkan bisa mengakibatkan banjir di pinggiran Kali Acay.(ket/rm)

LEAVE A REPLY