JAYAPURA (PT) – Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan, Pemerintah Kota Jayapura mengejar target Adipura kencana pada tahun 2019.

“Kita target tahun ini bisa meraih Adipura Kencana. Untuk itu, tidak hanya dukungan semua aparatur sipil negara (ASN ) saja, namun semua elemen masyarakat Kota Jayapura dapat menjaga kebersihan baik stakeholder dan para pedagang,” kata Wawali Rustan Saru di kantor Wali Kota Jayapura, Senin (21/1).

Dikatakan, jika kota ini ditata dengan baik, tentunya akan memberi rasa sejuk, ramah lingkungan, terbuka hijau dan airnya bagus.

“Saya sendiri sudah ketemu bpk Presiden Jokowi saat menerima Adipura ke 6 dan bicara dengan Tim Adipura di Jakarta terkait kriteria menjadi Kota Adipura Kencana, yakni kota harus bersih, kualitas udara yang bagus, aliran sungai yang tak tercemar dan lainnya,” katanya.

Untuk itu, Wawali Rustan Saru mengatakan, perlu untuk melakukan pembenahan terhadap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Koya Koso, jangan 2 minggu di tutup.

Wawali Rustan Saru meminta OPD terkait untuk terus berinovasi dalam menciptakan kebersihan di Kota Jayapura, apalagi sudah ada banyak regulasi yang bisa membantu mewujudkan hal itu.

Selain itu, ia berharap agar sosialisasi dan penyuluhan kepada RT/RW baik distrik maupun kampung terus dilakukan dengan rutin.

“Jika bukan kita yang bersihkan, siapa lagi jika bukan kita sendiri. Ini kewajiban kebersihan adalah iman dan ini sesuai dengan perda saya minta tiap rumah, ruko, mall dan lainnya harus ada tempat sampah dan lakukan penanaman pohon,” ujarnya.

Bahkan, secara khusus, Wawali Rustan Saru meminta Dinas Perhubungan untuk menyediakan tempat sampah dan mengatur parkiran di Terminal Entrop dengan baik.

“Jadi, tahun 2018 itu merupakan tahun prestasi dan tahun ini adalah tahun inovasi, maka Adipura Kencana pasti kita raih,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY