JAYAPURA (PT) – General Manager PT Telkom Witel Papua, Sugeng Widodo mengatakan, Telkom telah menyiapkan satelit merah putih yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Satelit merah putih itu untuk membackup sistem kabel laut apabila terjadi gangguan.

“Kami selalu berupaya meminimalisir gangguan kabel laut apabila ada gangguan, tetapi memang kualitas layanan menurun apabila menggunakan satelit, berbeda jika kita menggunakan kabel laut atau fiber optik,” kata Sugeng, Selasa (22/1).

Selain meminimalisir gangguan jaringan dengan menyediakan layanan satelit merah putih, Telkom, kata Sugeng, juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait penggunaan Palapa Ring Timur yang sedang dibangun.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun jaringan backbone, Telkom menyediakan layanan aksesnya, seperti di Kabupaten Jayawijaya nanti akan dilalui oleh Palapa Ring Timur,“ katanya.

Untuk daerah lainnya yang belum fiber optik, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk penggunaan satelit atau Palapa Ring Timur.

Ditambahkan, di bawah wilayah kerja Telkom, daerah yang telah menggunakan fiber optik yakni Jayapura, Timika, Merauke, Sarmi, sementara yang masih menggunakan satelit yakni Jayawijaya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY