Dari Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Deiyai

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SH, MH secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Deiyai periode 2019-2024, Ateng Edowai-Hengky Pigai di Gedung Negara, Rabu (20/2/2019).

Pelantikan tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), sejumlah Bupati seperti Bupati Puncak, Bupati Yalimo, Bupati Biak, Bupati Asmat, Bupati Puncak Jaya tampak hadir.

Selain itu, Ketua TP PKK Provinsi Papua, Yulce Enembe, SH juga hadir untuk melantik Ketua TP PKK Kabupaten Deiyai, Puncak, Asmat.

Dalam dalam sambutannya, Gubernur Lukas Enembe berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Deiyai agar bisa lebih pro aktif dalam memimpin Deiyai.

“Saya ajak (Bupati dan Wakil Bupati) jangan seperti bupati sebelumnya. Dia saja (bupati) tidak pernah hadir di acara yang digelar Pemerintah Provinsi Papua. Makanya saya kaget, ketika dia mau maju lagi jadi Bupati Deiyai kemarin,” kata Lukas Enembe.

Dia juga mengingatkan agar Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik agar dapat memberikan yang terbaik kepada rakyat. Sehingga kepemimpinannya diberkati Tuhan

“Harus taat aturan. Sebab kalau melanggar itu sama saja mengkhianati kepercayaan rakyat yang telah diberikan lewat suaranya saat pilkada,” ungkapnya.

Ia tekankan, Deiyai adalah tempat para intelektual orang Suku Mee.

Dengan demikian, harus tunjukan kedisiplinan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

“Jangan permalukan orang Suku Mee, karena kalian adalah Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dipercayakan masyarakat,” ujarnya.

Selain menjalankan tugas pemerintahan, Gubernur Enembe juga meminta bupati dan wakil bupati terpilih untuk segera mendata anak-anak umur 0-4 tahun, mengingat provinsi memiliki program “Bangga Papua”, yang mana ada pemberian dana sebesar Rp 200 ribu bagi setiap anak tiap bulannya.

“Akses ke Deiyai tidak terlalu susah, jadi pendataan bisa segera dilakukan. Jangan bikin malu orang Mee, karena kalian merupakan anak Mee yang dipercayakan menjadi pemimpin,” kata Enembe dengan tegas.

Gubernur menambahkan, tahun ini ada beberpa agenda nasional yang akan dilaksanakan, salah satunya pemilihan presiden (Pilpres).

Untuk itu, bupati dan wakil bupati harus memastikan Pilpres di Deiyai berlangsung denga aman dan sukses. (ing/rm)

LEAVE A REPLY