JAYAPURA (PT) – Seorang warga Kampung Nafri, Loter Worke (40), menemukan sebuah benda yang sudah berkarat tertanam di dalam tanah yang bentuknya mirip dengan bom misil militer di Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/3).

Loter mengatakan, semula ia hendak memperluas kandang babi di kebun sagu miliknya, namun pada saat kedalaman 50 cm, ia menemukan benda asing di dalam tanah.

“Saat itu saya menggali tanah untuk memperlebar kandang, saya lihat sebuah benda saya kira kayu atau tongkat, ternyata agak panjang dan lonjong mirip bom. Karena saya takut terjadi apa-apa saya melapor kepada Danpos Nafri Deki,” katanya.

Dansatgas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, SSos, MTr (Han) memperkirakan bom itu adalah benda sisa perang dunia yang sudah lama tertanam dalam tanah.

“Untuk ukuran panjangnya 60 cm dan diameter 15 cm, kami belum mengetahui apakah masih aktif atau tidak dikarenakan kondisi sudah berkarat sehingga kami tidak bisa pastikan buatan darimana dan tahun pembuatannya,” terang Mayor Erwin.

Kejadian penemuan bom ini bukan yang pertama kali ditemukan oleh warga, pada Bulan November 2018 Personel Satgas juga mengamankan sebuah bom bekas perang dunia kedua dengan panjang ±125 cm dan berdiameter 50 cm di Distrik Muara tami. (jul/rm)

LEAVE A REPLY