JAYAPURA (PT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua meminta cabang olahraga (cabor) untuk segera menyiapkan tim inti yang akan dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

“Saya minta semua cabor untuk pastikan tim intinya. Sebab, pada pemusatan latihan nanti, kita sudah pemusatan latihan berjalan selama lima bulan. Jadi, harus sudah bisa melihat progress anak-anak kita agar dapat bayangan tim inti dari pra atlet,” tegas Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya di Jayapura, Rabu (13/3).

Dikatakan, jika sudah ditemukan para atlet inti tiap cabor, dipastikan proses TC terpusat akan lebih maksimal berjalan.

Meskipun masih adanya beberapa cabor yang belum juga memasukan data atlet ke Binpres KONI Papua untuk menjalani sejumlah test.

Apalagi, pada bulan Maret 2019, akan dilakukan test parameter kedua bagi tiap cabor.

“Jika sudah dapatkan tim inti, sudah bisa proses TC di bulan ini. Jadi, kita harapkan 8 cabor itu bisa cepat, karena nanti alami kerugian atau terlambat. Meski waktu masih ada, tapi kita kan sudah langkah maju, jadi harus serius persiapan atlet dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, TC terpusat akan tetap berjalan dengan menyiasati setiap cabang olahraga yang benar sudah siap masuk ikut TC persiapan PON 2020, baik di Papua maupun diluar Papua.

“Kita coba siasati cabor yang sudah siap mereka akan TC. Jadi, bisa di luar maupun di dalam, karena tempat latihan juga menjadi kendala, sarana prasarana terbatas. Kemungkinan TC bisa ke luar nantinya, yang penting harus siapkan atlet untuk prestasi Papua di PON XX. Meskipun ada cabor yang masih lama kita tidak tunggu lagi,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY