JAYAPURA (PT) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua akan menggelar Rapat Kerja (Raker) dan deklarasi dukungan Pemuda Papua untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

“Raker itu, rencananya dilaksanakan 18 Maret 2019 di Kabupaten Biak Numfor. Ya, kegiatan Raker kita molor, karena pelantikan bupati setempat juga terjadi penundaan,” kata Ketua KNPI Papua, Albertho Gonzalez Wanimbo, kepada pers di Jayapura, Kamis (14/3).

Albert Wanimbo mengatakan, Kabupaten Biak Numfor menjadi tempat deklarasi dukungan pemuda Papua untuk pelaksanaan PON di Papua, sekaligus memulai perekrutan relawan PON.

Dipilihnya Kota Karang itu, jelas Albert Wanimbo bahwa di daerah itu akan berlangsungnya pertemuan bupati dan wali kota se Papua.

“Jadi, moment pertemuan Bupati/Walikota Se-Papua itu yang kita akan pakai untuk mendeklarasi Pemuda Papua siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan multi event Nasional empat tahunan tersebut di tanah Papua,” ujar AGW, sapaan akrabnya.

Setelah deklarasi, kata AGW, KNPI Papua akan memulai merekrut relawan PON XX 2020 yang dimulai dari wilayah adat Saireri (Biak Numfor, Serui dan Supiori). Setelah itu, dilanjut ke empat wilayah adat lainnya.

“Kami siap membantu PB PON untuk merekrut tenaga relawan guna mensukseskan penyelenggaraan PON di Papua. Sebab, PON XX merupakan momentum bersejarah yang perlu ada keterlibatan pemuda Papua,” bebernya.

Ia menilai saat ini pemuda Papua sudah siap untuk bersaing dengan daerah lainnya, sehingga melalui momentum PON, diharapkan dapat menjadi agen perubahan pada segala bidang yang bakal mengawal semua program serta kebijakan pemerintah provinsi menuju suatu keberhasilan pembangunan.

“Pemuda Papua memiliki banyak potensi, hanya saja tidak banyak cukup ruang yang tersedia untuk memberdayakannya. Sehingga dengan adanya PON saya yakin pemuda Papua dapat membantu dan mendampingi atlet dan official dari berbagai daerah yang akan datang ke Papua,” imbuhnya.

Sementara Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi keinginan KNPI untuk terlibat dalam perekrutan relawan PON XX 2020.

Sebab, ia sangat berharap para pemuda Bumi Cenderawasih dapat ikut terlibat dalam pelaksanaan PON XX 2020.

Untuk itu, Gubernur Enembe mengimbau pemuda KNPI Papua dapat benar-benar menyiapkan dengan baik perekrutan pemuda yang akan terlibat dalam iven olahraga nasional tersebut. (lam/rm)

LEAVE A REPLY