JAYAPURA (PT) – TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Biak Numfor, khususnya di Kampung Makmakerbo Distrik Oridek, yang menjadi sasaran lokasi Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104 pada tahun 2019 ini, Rabu (13/3).

Sebagai wujud peran pemerintah dalam hal pembangunan kesehatan masyarakat adalah dengan melalui Program Indonesia Sehat, dimana program ini menargetkan peningkatan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat.

Melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan, salah satu kegiatan yang menunjang program pemerintah ini adalah pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bakti Sosial Bidang Kesehatan.

Kementerian Kesehatan melalui Pusat Krisis Kesehatan dan TNI AD melaksanakan kegiatan bakti sosial penyuluhan tentang kesehatan dan pengobatan massal kepada masyarakat.

Kegiatan bakti sosial yang diberikan berupa pelayanan kesehatan dengan memberikan pengobatan massal kepada masyarakat, didukung oleh tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor berjumlah 10 orang, petugas kesehatan Puskesmas Marao 8 orang dan dokter dari Rumah Sakit Angkatan Laut Biak 1 orang serta 1 orang dokter dari Angkatan Udara yang berada di Kabupaten Biak Numfor.

 

Untuk mendukung kegiatan pelayanan bakti Sosial, Kementerian Kesehatan menyiapkan dukungan logistik obat pelayanan kesehatan berupa MP-ASI, sedangkan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas menyiapkan obat dan peralatan kesehatan.

Jumlah pasien yang dilayani sampai dengan pukul 13.30 WIT sebanyak 150 orang dengan penyakit terdiri dari ISPA, Hipertensi dan lainnya.(jul/rm)

LEAVE A REPLY