JAYAPURA (PT) – Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 di klaster Kabupaten Jayapura dipastikan aman dari banjir bandang yang melanda kabupaten tersebut sejak, Sabtu, 16 Maret 2019 lalu.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengaku, pihaknya sudah meninjau venue PON di Kabupaten Jayapura dan dipastikan semua venue yang sementara dibangun di Klaster Kabupaten Jayapura sampai saat ini aman dan proses pekerjaan berjalan seperti biasa.

“Venue PON di Kabupaten Jayapura masih aman dari banjir dan tidak sampai merusak fasilitas yang sementara dibangun,” ungkap Gubernur Papua usai pertemuan dengan Kepala Perwakilan BPK Papua.

Namun, dirinya mengakui jika banjir kemarin talud air di belakang Stadion Papua Bangkit rusak dan air masuk ke lapangan pemanasan.

“Air sempat masuk ke lapangan pemanasan, tapi sudah dapat diatasi oleh pihak perusahaan dan talud yang rusak sementara di perbaiki,” jelasnya.

Dengan kondisi Jayapura yang terus diguyur hujan, tentu akan mengganggu aktivitas pekerjaan stadion.

Sehingga pembangunan yang rencananya rampung bulan April, bisa dipastikan molor lagi.

“Dari laporan pihak perusahaan pembangunan akan molor bisa sampai dua bulan, karena material diambil dari Doyo, sementara jembatan ada yang putus, harapan kami, jembatan yang sementara di kerjakan TNI dan Polri bisa cepat selesai,” harapnya.

Dikatakan, venue PON di Kabupaten Jayapura yang sementara dibangun adalah venue Hockey dan Cricket di Doyo, GOR GIDI depan Yonif 751, Stadion Papua Bangkit, Aquatic, lapangan tembak dan GOR Istora. (lam/rm)

LEAVE A REPLY